Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Menu Sehat Ini Direkomendasikan untuk Sarapan
Jumat, 05/06/2015 - 09:31:45 WIB
  contoh makanan berserat
 

JAKARTA - Kesibukan pekerjaan kadang membuat orang sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan penting untuk mendapatkan energi yang cukup bagi tubuh saat beraktivitas sepanjang hari.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah mengatakan, sarapan yang baik harus menyuplai setidaknya 15 persen kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari. Menu sarapan juga sebaiknya yang mengandung karbohidrat, protein, dan unsur vitamin dan mineral.

"Sarapan sehat itu dinilai dari tiga hal, yaitu jenis lauknya, jumlah makannnya dan waktu pelaksanaannya," ujar Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah ketika di sela-sela acara International Symposium on Food nd Nutrition (ISFAN) 2015, Kamis, 4 Juni 2015.

Menurutnya, jumlah porsi sarapan bagi orang dewasa adalah sekitar seperempat atau seperenam porsi makan selama seharian penuh. Adapun bagi anak kecil, 50 persen dari jumlah tersebut sudah mencukupi.

Dia mencontohkan menu sarapan tradisional yang baik dan bergizi. Beberapa di antaranya adalah bubur Manado yang mengandung sayuran, ikan, dan jagung serta bubur Cianjur atau menu yang menggunakan telur. Nasi uduk yang mennggunakan ayam dan sayur juga tak kalah bergizi.

Jika bubur dirasa terlalu berat, Anda bisa menggantinya dengan roti atau sereal. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan berserat di pagi hari, karena makanan serat membutuhkan waktu cukup lama untuk diproses tubuh sehingga ampuh menahan lapar.

Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, papaya dan alpukat juga baik dikonsumsi langsung pada pagi hari. Meski memiliki kulit luar, hindari membekal buah-buahan tersebut ke kantor untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.*klik-tempo.co

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com