Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Ada Air Terjun dan Bila tak Hujan Airnya Berwarna Hijau
Objek Wisata Sungai Kopu Kampar Ini Diapit Dua Tebing Cadas dan Terjal
Senin, 15/06/2015 - 22:27:44 WIB
  Salah satu objek wisata alam Sungai Kopur XIII Koto Kampar airnya berwarna hijau bila sedang tidak diguyuri hujan
 

Kampar (klikriau.com)-Wisata alam memang selalu menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati masa liburan. Maka tak heran bila lokasi-lokasi wisata alam selalu ramai dikunjungi. Lalu bagaimana dengan Provinsi Riau, apakah juga punya lokasi wisata alam yang menarik? Ternyata, ada.

Keindahan objek-objek wisata alam di Riau ternyata luar biasa. Tak kalah yang ada di Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Salah satu lokasi objek wisata di tanah Melayu ini adalah di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Di desa ini, terdapat sungai bernama Sungai Kopu atau Kapur yang diapit dua tebing cadas nan terjal.  Juga ada air terjunnya.

Ngarai alias canyon dalam bahasa Inggris merupakan lembah yang dalam berdinding tebing terjal, terbentuk akibat erosi aliran air sungai. Ngarai atau Canyon juga dapat diartikan sebagai lembah dalam dan sempit dengan lereng sangat curam.

Sungai Kopu (kapur) merupakan sungai yang hulunya berada di Provinsi Sumatera Barat dan bermuara di Sungai Kampar, tepatnya di Desa Tanjung Kecamatan XIII Koto Kampar.

Sungguh indah air terjun di tepi Sungai Kopu XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar



Sungai ini kedalamannya hingga 30 meter. Sehingga tak aneh jika Sungai Kopu dan tebing-tebing terjal di kanan kiri sungai mengandung potensi alam sangat eksotis dan belum banyak orang mengetahui keeksotisannya.

Lalu, bagaimana kita bisa menikmati objek wisata yang belum diketahui banyak orang tersebut?

Dari Desa Tanjung kita terlebih dahulu menyusuri Sungai Kampar selama 15 menit sebelum menjumpai Sungai Kopu. Kemudian kita menjumpai persimpangan Sungai Kopu.

Sungai Ini memiliki lebar kira-kira sepuluh meter dengan air yang mengalir di antara dua tembok kokoh. Dua tembok ini terdiri dari bebatuan terjal di sisi kiri dan kanannya juga dipenuhi pohon-pohon rindang yang melindungi sehingga akan terasa menyejukkan.

Dalam perjalanan penyusuran sungai Kopu kita juga akan menjumpai air terjun yang sangat indah dan eksotis yang mengalir dari atas tebing.

Pemandangan alam di Sungai Kopu tidak kalah indahnya dari pemandangan alam yang berbentuk canyon atau ngarai yang berada di luar negeri.

"Potensi wisata alam di Sungai Kopur ini sangat luar biasa sekali, untuk segmen wisata alam. Sungai Kopu terbaik saat ini karena memiliki eksotisme alam luar biasa. Potensi ini memiliki peluang sangat besar dijual ke wisatawan domestik dan mancanegara. Kami dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau siap memasarkan Sungai Kopu kepada wisatawan domestik dan mancanegara," jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau melalui Kepala Seksi Pengembangan Pasar Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ir Yul Akhyar, MM disela-sela kunjungan kerjanya ke Sungai Kapur, Senin (15/6/2015).

Yul menyebutkan lokasi wisata ini sangat potensial untuk di kemas. Sebab, selama ini masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa ada objek wisata alam yang sangat bagus di Kabupaten Kampar.  Bahkan bila hujan tidak turun maka air sungai warnanya hijau. Tapi sebaliknya, kalau hujan airnya akan keruh.

"Bila ini dikemas dengan baik dan diketahui masyarakat luas, maka kita yakin, jumlah kunjungan wisatawan di daerah ini bakal meningkat. Kita dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau akan mencoba berkordinasi dengan semua stakeholder untuk mengembangkan kawasan ini dan lokasi-lokasi wisata alam lainnya yang sebetulnya sangat banyak di Riau," ucapnya.*klik-bbg   

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com