Selasa, 19 Maret 2019
Follow:
Home
Digelar 20-23 Agustus
Pacu Jalur Jadi Ikon Pariwisata Riau
Sabtu, 18/07/2015 - 17:36:59 WIB
  Pacu Jalur Tradisional Kuansing  

PEKANBARU (klikriau.com)-Salah satu pariwisata unggulan Provinsi Riau yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) adalah Festival Pacu Jalur tradisional. Festival rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi bersama Pemerintah Provinsi Riau.

Festival ini diseleggarakan dalam rangka menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap bulan Agustus. Festival Pacu Jalur tersebut telah menjadi destinasi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Festival Pacu Jalur Kuansing hingga kini telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Riau. Setiap dihelat, festival rakyat pacu jalur ini dihadiri ribuan masyarakat yang datang dari berbagai penjuru Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu (Inhu), Pekanbaru, Kampar, Rohul, Inhil, Dumai, Rohil, Bengkalis, Meranti, Siak, Sumbar dan dari Pulau Jawa.

Bahkan para perantau yang berada di luar negeri seperti Malaysia menyempatkan waktunya untuk pulang guna mengikuti gelaran tradisi tahunan ini.

Fahmizal Usman, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, ketika ditemui klikriau.com belum lama ini mengatakan, Pacu Jalur di Kuansing merupakan ikon atau simbol pariwisata Riau.

"Karenanya kita akan terus berupaya untuk meningkatkan wajah warisan budaya lokal yang kini menjadi subjek pariwisata yang baik bagi pelestarian pacu jalur itu sendiri," kata Fahmizal.

Ia mengatakan, selain penting bagi pelestarian kebudayaan, gelaran ini juga akan memberikan dampak baik bagi masyarakat dari segi pertumbuhan ekonomi di sektor riil.

"Dengan banyaknya wisatawan berkunjung ke sana, maka akan dengan sendirinya menaikkan taraf pendapatan masyarakat setempat," ungkap mantan Kepala Biro Humas Pemprov Riau itu.

Pada gelaran Festival Pacu Jalur tahun ini, rencananya akan digelar pada 20-23 Agustus 2015 mendatang. Fahmizal Usman berharap pacu jalur sukses terlaksana tanpa ada kendala yang berarti.

"Persiapan sedang kita lakukan bersama pemkab di sana. Insya Allah gelaran tahun ini akan jauh lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya," ujar kadis yang sebelumnya menjadi Direktur Keuangan RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru ini.*klik-bbg/adv

 
Berita Terbaru >>
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
Farida: Biar Saya Saja yang Dipenjara, Saya tak Mampu Bayar Uang Sekolah Anak
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Fraksi Terhadap LKPj Kepala Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com