Selasa, 19 Maret 2019
Follow:
Home
Pariwisata Riau Bisa Saingi Sumbar
Minggu, 26/07/2015 - 17:38:05 WIB
 
 

PEKANBARU  - Banyaknya warga Riau menuju Sumatera Barat (Sumbar) saat libur bersama menyambut Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah lalu karena diklaim punya objek wisata lebih unggul dinilai terlalu berlebihan. Justru sebaliknya, objek wisata di Riau diklaim lebih unggul dibanding Ranah Minang. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau, Fahmizal.

"Buktinya, saat lebaran kedua saya saksikan sendiri di Pasar Bawah yang telah menjadi ikon Pasar Wisata kita serta di Ramayana Jendral Sudirman sangat banyak mobil-mobil ber plat BA (nopol Sumbar, red) parkir di sana. Ini membuktikan bahwa tempat-tempat perbelanjaan kita telah menjadi daya tarik bagi orang-orang Sumbar itu," kata Fahmi.

Saat ini, tegasnya pula, Riau telah menjadi pusat kunjungan bagi masyarakat provinsi tetangga seperti Sumbar, Sumut dan Jambi. Salah satunya disebabkan oleh telah berpindahnya pusat grosir yang selama ini dikenal di Bukittinggi, Sumbar ke Pekanbaru.

"Kalau dulu memang kita ketahui bahwa Bukittinggi itu surganya berbelanja. Tapi saat ini, di kompleks perdagangan Ramayana itu telah mampu menjual berbagai macam barang yang jauh lebih murah daripada di Bukittinggi. Hal inilah salah satunya yang membuat warga-warga tetangga datang kesini," imbuhnya.

Selain itu, sebut Fahmi pula, produk-produk unik yang dijual di Pasar Bawah seperti berbagai macam keramik, permadani, serta suvenir, juga menjadi salah satu magnet bagi wisata belanja Riau.

"Pasar mana di provinsi tetangga yang menjual barang-barang unik seperti di Pasar Bawah itu ? Inilah salah satu daya pikat kita yang harus mampu kita pertahankan dan dikembangkan. Dan itu membuat pengunjung dari tetangga datang kesini sepanjang tahun," tegasnya.

Sepinya Riau khususnya Kota Pekanbaru saat libur lebaran kemarin, ucap Fahmi, nampak sangat jelas karena disebabkan saat itu memang libur bersama. Pergerakan masyarakat secara massal membuat kesan seakan Riau tiada tempat berwisata.

"Nah, itulah yang membuat Riau ini terkesan sepi. Penduduk secara massal bergerak dan yang mereka cari di sana mungkin memang suasana dingin Sumbar itu yang memang berada di pegunungan," tuturnya.

Untuk wisata alam sendiri, ucap Fahmi, Riau sangat mampu mengimbangi provinsi-provinsi yang berada di sekelilingnya. Mulai dari fenomena Ombak Bono di Pelalawan yang dimilikinya, Pacu Jalur yang ada di Kuansing serta Bakar Tongkang yang setiap tahunnya diadakan di Rohil dan satu-satunya di Indonesia, menjadi daya pikat Riau yang luarbiasa. Bahkan disebutkan mampu mendatangkan 15.000 wisatawan baik mancanegara maupun lokal dalam satu event Bakar Tongkang tersebut.

"Belum lagi kita juga memiliki 20 titik air terjun dan salah satunya di Kampar Kiri mempunyai ketinggian 130 meter dan menjadikannya tertinggi di Sumatera. Dan ini sangat layak untuk kita jual sehingga mendatangkan wisatawan yang lebih banyak lagi serta dapat mendorong perekonomian kita," katanya.

Selain itu, sebut Fahmi pula, Istana Siak juga menjadi salah satu magnet kunjungan bagi para wisatawan. Bahkan dikatakannya pula, saat lebaran yang baru lalu, tingkat kunjungan dari negeri tetangga seperti Sumbar memnuhi Istana Kebanggaan Riau tersebut.

"Jadi kalau kita dapat melihat lebih jauh, tak salah rasanya saat ini jika dikatakan bahwa kita telah berbanding terbalik yaitu 60 persen warga Sumbar ke sini dan 40 persen warga Riau ke sana. Dan ini akan terus kita genjot hingga mendatangkan wisatawan dari seluruh Nusantara dan mancanegara dengan potensi yang kita punya," tukasnya.*klik-bbg

 
Berita Terbaru >>
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
Farida: Biar Saya Saja yang Dipenjara, Saya tak Mampu Bayar Uang Sekolah Anak
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Fraksi Terhadap LKPj Kepala Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com