Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Bersantap Bersama Keluarga di Rumah Menguatkan Keharmonisan
Minggu, 09/08/2015 - 10:51:56 WIB
  Makan bersama keluarga--int
 

BUDAYA berkumpul dan bersantap bersama keluarga mulai terkikis. Kesimpulan tersebut terungkap dari survei yang dilakukan di awal tahun ini. Sebanyak 20 persen dari 1.165 responden mengaku jarang makan bersama keluarga di rumah.

Lima dari 10 pria mengaku tak punya waktu untuk makan bersama keluarga di rumah karena terlalu sibuk. Alasan serupa ditemui pada responden remaja. Sekitar 26 persen responden remaja mengaku sibuk dan bosan dengan menu yang disajikan menjadi alasan mereka enggan makan di rumah bersama keluarga.

Namun, menurut Psikolog Dra Ratih Ibrahim, bersantap bersama keluarga di rumah adalah momen kebersamaan yang sangat berharga. Meski terdengar sederhana atau sepele, namun kegiatan ini menyimpan dampak positif yang bisa membantu menguatkan keharmonisan keluarga.

Dalam keterangan tertulisnya, Ratih menyatakan, bersantap bersama keluarga di rumah adalah momen berharga yang menentukan eratnya hubungan antar anggota keluarga. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa setiap anggota keluarga perlu menyempatkan waktu, setidaknya 15-30 menit untuk bersantap bersama masakan rumah dengan anggota keluarga di rumah.

Keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk generasi muda, khususnya anak-anak mereka menjadi lebih sehat dan berkualitas di masa depan. Selain itu, apabila dijadikan kebiasaan sehari-hari anak-anak akan tumbuh sehat karena relasi keluarganya yang sehat.

Berikut manfaat dari kegiatan makan bersama dengan anggota keluarga lainnya yang diutarakan oleh Ratih:

1. Meningkatkan Komunikasi
Bersantap makanan bersama menjadi sarana keluarga dalam meningkatkan komunikasi anggota keluarga satu sama lain. Percakapan di meja makan dapat membangun hubungan yang baik di dalam keluarga dan menciptakan adanya keterbukaan. Orangtua dapat memberikan masukan maupun solusi kepada masalah yang tengah dihadapi anak, maupun mengetahui aktivitas anak di luar rumah.

2. Nutrisi lebih baik
Makan bersama keluarga terbukti memberikan asupan nutrisi yang baik kepada anak–anak untuk pertumbuhan mereka. Pola makan yang lebih teratur dan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih diperhatikan ibu saat memasak akan lebih menyehatkan bagi anak-anak dan meningkatkan semangat mereka untuk beraktivitas.

3. Meningkatkan kreativitas sajian masakan
Menyajikan masakan menjadi tantangan bagi para ibu. Ibu memerlukan kreativitas untuk mencari resep-resep baru yang dapat menambah macam masakan-masakan istimewa yang akan dihidangkan untuk keluarga. Dengan mencoba aneka masakan baru, akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan untuk anggota keluarga.

4. Mengajarkan sopan santun
Kesediaan waktu orangtua bersama anak yang tidak banyak, baik karena orangtua bekerja maupun anak yang sibuk dengan aktivitas sekolah, les, dan lainnya membuat kebersamaan antar anggota keluarga menjadi minim. Maka dari itu, dengan makan bersama, orangtua dapat mengajarkan beberapa hal-hal tata krama yang dapat menjaga anaknya agar tetap dapat berperilaku baik dan penuh sopan santun.

5. Lebih hemat
Menyiapkan hidangan makan di rumah tentunya lebih menghemat pengeluaran biaya bulanan keluarga, dibandingkan dengan membeli makanan di restoran ataupun makanan cepat saji lainnya. Dengan lebih hematnya pengeluaran biaya, akan lebih memudahkan orangtua untuk menabung dan menyimpan uang untuk hal-hal yang lebih penting lainnya.*klik/sumber: berisatu.com

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com