Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Makan Ikan Bisa Bikin Hati Lebih Bahagia
Jumat, 18/09/2015 - 05:54:08 WIB
 
 

BANYAK cara bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan merasa lebih bahagia. Mulai dari menjaga asupan nutrisi, olahraga rutin, hingga berkonsultasi dengan orang yang tepat.

Para peneliti telah menemukan cara yang cukup praktis untuk mengurangi tingkat stres maupun depresi, yaitu jangan lewatkan ikan dalam menu makan Anda hari ini.

Dr Majid Fotuhi, seorang direktur medis dari NeuroGrow Brain Fitness Center di Virginia, memaparkan, “asam lemak omega-3 pada ikan memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi peradangan, ini menjadi modal penting dalam upaya meningkatkan mood hingga mengurangi depresi.”

Asam lemak omega-3 juga memiliki andil dalam pengaturan dopamin dan serotonin. Dopamin sendiri merupakan neotransmitter pada otak yang membantu mengontrol rasa puas, senang, bahagia, dan sejenisnya. Sedang serotonin juga memiliki fungsi serupa, yaitu membantu memperbaiki suasana hati, mengurangi kesedihan, maupun depresi.

Pernyataan tersebut juga didukung dengan studi terbaru yang dikeluarkan oleh Journal of Epidemiology & Community Health. Awalnya, para peneliti ingin melihat lebih dalam apa saja pengaruh seringnya mengonsumsi ikan. Kemudian mereka menganalisis sekitar 26 studi observasi tahun 2001 hingga 2014, dengan topik keterkaitan makan ikan dengan depresi yang melibatkan sekitar 150.000 orang. Hasilnya?

Seseorang yang sering makan ikan memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena stres berat atau depresi ketimbang mereka yang jarang atau sama sekali tak makan ikan.

Beberapa tahun yang lalu, hubungan antara diet sehat dan depresi memang masih menjadi topik kontroversial. Namun belakangan, penelitian membuktikan hasil yang berbeda.

Menu sehat seperti ikan, buah, serta sayur ternyata memiliki andil cukup banyak dalam mencegah terjadinya stres berlebih yang menyebabkan depresi. Akhirnya, akan membantu Anda untuk lebih mudah merasa bahagia setiap harinya.*klik-kompas.com

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com