Rabu, 27 Maret 2019
Follow:
Home
Paru-Paru Rusak Karena Asap Belum Ada Obatnya
Jumat, 18/09/2015 - 08:37:05 WIB
 
 

PEKANBARU - Jika Anda hidup di kota yang kualitas udaranya buruk seperti di Pekanbaru, karena adanya kabut asap, atau tingkat polusi udara tinggi, tentu setiap hari tubuh kita terpapar polutan.

Sudah cukup banyak penelitian yang mengungkapkan bagaimana pengaruh polusi udara bagi kesehatan, kecerdasan, bahkan kondisi mental.

Dalam penelitian terbaru para ilmuwan berhasil mengungkapkan apa yang terjadi pada paru-paru dalam skala molekuler ketika kita bernapas dalam udara yang kotor.

Menggunakan spektometri massa (alat yang dipakai untuk menentukan massa atau molekul), para ilmuwan mengamati sistein asam amino (yang mirip dengan protein paru) dan mencampurnya dengan molekul ozon dalam lingkungan yang dikontrol.

Ternyata, ozon atau asap yang berinteraksi dengan protein paru akan menghasilkan efek sesaat dan juga melepaskan radikal bebas.

Radikal bebas juga dikatikan dengan kerusakan oksidatif dan penuaan. Zat ini juga berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan dikaitkan dengan terjadinya kanker dan penyakit jantung.

"Tak ada yang menyadari bahwa kita bisa membentuk radikal bebas dari reaksi protein dan ozon. Radikal bebas bisa menyebabkan berbagai perubahan kimia. Jika tidak terkontrol zat ini bisa merusak sistem," kata Profesor Richard O'Hair, ketua peneliti.

Ia menjelaskan, ketika radikal bebas terbentuk dalam tubuh, misalnya di lapisan paru, akan terjadi kerusakan yang dapat menyebabkan inflamasi dan kesulitan bernapas.

"Jika ada kerusakan radikal bebas di protein paru, kemungkinan tidak bisa dipulihkan. Tidak ada obat yang manjur untuk mengatasi kerusakan itu. Ozon adalah hasil dari polusi, jadi kita harus lebih proaktif untuk mengurangi asap dan kadar polusi," katanya.*klik-kompas.com


 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com