Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Kabut Asap Bisa Sebabkan Kerusakan Hati, Jantung,Ginjal dan Lambung
Sabtu, 19/09/2015 - 08:08:33 WIB
 
 

KABUT asap sudah menyebabkan udara di beberapa wilayah di Riau dalam kondisi berbahaya. Kondisi ini bisa menyebabkan masyarakat kekurangan oksigen atau dalam ilmu kedokteran disebut hipoksia.

Menurut Dr.dr.Ari Fahrial Syam, Hipoksia adalah suatu keadaan kekurangan oksigen yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan karena akan berpengaruh pada organ-organ tubuh kita. Hipoksia terjadi karena kadar oksigen yang kurang dari udara.

Di dalam tubuh kita sebenarnya keseimbangan oksigen dijaga oleh sistem kardiovaskuler dan sistem pernapasan. Oleh karena itu kondisi hipoksia juga dapat terjadi jika kita mengalami  kerusakan pada sistem jantung dan pembuluh darah dan sistem pernafasan.

Kadar oksigen yang rendah pada seseorang yang memang sudah mempunyai sumbatan pada pembuluh darah jantung jelas akan menyebabkan jantung mengalami penurunan suplai oksigen berat yang akan menyebabkan jantung mengalami iskemia (kekurangan oksigen), bahkan sampai terjadinya infark (kematian jaringan).

Begitu pula pada orang yang sudah mempunyai permasalahan pembuluh darah otak maka kekurangan oksigen juga akan lebih memperburuk penurunan oksigen pada otak sehingga pasien menjadi tidak sadar.

Organ-organ lain juga jelas akan mengalami gangguan jika terjadinya hipoksia. Pada orang-orang yang memang sudah biasa tinggal pada daerah pada ketinggian atau daerah dengan kadar oksigen rendah biasanya tubuh sudah dapat mentoleransi akan kebutuhan oksigen tersebut.

Faktor usia juga hal yang tidak bisa diabaikan pada seseorang yang mengalami hipoksia. Umur 60 tahun merupakan umur yang dimasukan  pada kelompok usia lanjut, usia ini juga digunakan sebagai patokan (cut off ) untuk menetapkan faktor resiko terjadinya  penyakit.

Dengan semakin tuanya umur, maka yang paling berpotensi terganggu adalah sistem pembuluh darah atau sistem vaskuler kita, antara lain sistem vaskuler di otak, serta di jantung dan pembuluh darah seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Kondisi hipoksia dapat menyebabkan kerusakan pada hati, ginjal, jantung dan lambung jika  mengalami hipoksia sistemik kronik. Hal ini harusnya menjadi perhatian kita semua baik untuk pasien yang berada di RS maupun masyarakat umumnya bahwa kondisi hipoksia sebenarnya memang harus dihindari. 

Pertanyaannya adalah berapa persen penurunan kadar oksigen yang terjadi akibat asap yang menutupi kota Pekanbaru dan kota-kota lain di sekitar Propinsi Riau. Hal ini yang harus dijawab terlebih dahulu sehingga kita bisa memprediksi terjadinya hipoksia pada masyarakat akibat dari turunnya kadar oksigen dari udara tersebut.

Untuk sementara memang masyarakat dianjurkan untuk tidak menghirup asap dan tidak berada di luar rumah saat jumlah asap masih tinggi agar kita terhindar dampak langsung dari terhirup asap tersebut.*kli-berbagai sumber

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com