Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Lima Bahan Dalam Rumah yang Dapat Atasi Gigitan Nyamuk
Senin, 23/11/2015 - 04:36:39 WIB
 
 

BISA jadi Anda bahkan tidak melihat ketika nyamuk menggigit Anda. Tapi, serangga kecil ini akan meninggalkan jejak berupa bentol dan rasa gatal yang mengganggu selama beberapa waktu.

Kebanyakan gigitan nyamuk tidak berbahaya. Nyamuk yang menggigit hanya nyamuk betina. Mereka tertarik bau badan, asam laktat di dalam keringat, serta panas dan cahaya. Dibutuhkan enam detik bagi nyamuk untuk megisap darah Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa bahan-bahan yang tersedia di rumah, bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal?

1. Oatmeal

Oatmeal dapat mengurangi rasa gatal dan bengkak, karena mengandung senyawa khusus yang bersifat anti-iritasi.

Campur oatmeal dengan air dengan perbandingan yang sama. Tuang beberapa sendok oatmeal ke kain bersih, lalu tempelkan sambil diusap ke kulit  yang teriritasi selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Jika Anda memiliki banyak bekas gigitan, cobalah mandi dengan oatmeal sebagai gantinya. Taburkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi atau bath tub penuh air hangat. Berendamlah di dalamnya selama 20 menit, sambil menggosok oatmeal ke seluruh tubuh Anda

2. Es batu

Suhu dingin dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit mati rasa untuk sementara. Ini adalah solusi langsung jangka pendek untuk meredakan gatal.

Mayo Clinic merekomendasikan Anda untuk menggunakan kompres dingin atau kantung diisi dengan es batu yang dihancurkan untuk meringankan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Lakukan sebentar saja, karena jika  terlalu lama dapat merusak kulit, atau  tempatkan penghalang antara kulit dan es, seperti kain.

3. Madu

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Zat manis ini adalah pilihan umum di kalangan penggemar obat tradisional. Madu telah ratusan tahun memiliki reputasi sebagai obat penghilang gatal.

Oleskan setetes madu ke bagian kulit yang digigit untuk meredakan gatal. Begitu rasa gatal berkurang, bersihkan kulit dengan air atau lap basah.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak kegunaan selain sebagai tanaman hias. Selama ini, kita mengenal gel lidah buaya sebagai ramuan penyubur rambut, meringankan gejala  psoriasis, herpes, dan sebagai pelembab kulit serta sebagai minuman tradisional untuk membantu mengatasi sembelit.

Gel lidah buaya juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi untuk membantu menyembuhkan luka ringan atau infeksi, sehingga cocok digunakan untuk menyembuhkan bekas gigitan nyamuk.

Oleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang teriritasi dan bersihkan kulit setelah rasa panas dan gatal hilang.

5. Baking soda

Ditemukan di hampir setiap dapur. Baking soda hampir bisa digunakan untuk apa saja - dari membuat roti hingga membersihkan saluran air.  Baking soda atau dikenal sebagai natrium bikarbonat, juga merupakan obat gigitan nyamuk.

Campur baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan ke bagian kulit yang bentol atau gatal, diamkan selama 10 menit lalu bersihkan kulit dengan air atau lap basah.

Tentu saja, cara terbaik untuk menyingkirkan iritasi akibat  gigitan nyamuk adalah dengan tidak  digigit sama sekali. Perlu diingat, bahwa serangga ini lebih aktif di sore dan malam hari.

Ada kemungkinan gigitan nyamuk bisa membawa penyakit, meskipun kemungkinan terinfeksi oleh nyamuk tergantung pada tempat Anda tinggal. Tapi, jika Anda mengalami gatal-gatal, kesulitan bernapas, atau tenggorokan bengkak, hubungi dokter segera.

Lakukan tindakan pencegahan dengan tidak membiarkan ada genangan air di sekitar rumah Anda dan semprotkan obat antinyamuk yang aman untuk kesehatan ke seluruh ruangan di rumah Anda pada sore hari. Setelah itu, tutup pintu dan jendela.

Menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan sereh juga bisa membantu mengurangi jumlah nyamuk berkeliaran di rumah Anda.*klik

Sumber: Kompas.Com

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com