Senin, 25 Maret 2019
Follow:
Home
Shani Shingnapur Desa Paling Aman di Dunia
Rabu, 01/06/2016 - 16:00:20 WIB
  Bagian dalam salah seorang rumah penduduk yang tidak ada pintu di tiap ruangan (Swati Jain/BBc Travel)  

SHANI SHINGNAPUR - Desa Shani Shingnapur di India mungkin pantas dijuluki desa paling aman di India. Rumah-rumah di sana tanpa pintu, karena mereka yakin dijaga oleh Dewa Shani dan orang-orang yang mencuri akan buta!

Desa Shani Shingnapur berlokasi di negara bagian Maharashtra, sebelah barat India. Penerbangan ke sana dapat ditempuh selama 2 jam, naik pesawat domestik dari New Delhi. Walau cukup jauh dan terpencil, nyatanya desa ini dikunjungi 40 ribu wisatawan dalam sehari.

Situs BBC Travel seperti ditengok detikTravel, Rabu (1/6/2016) yang bikin turis berbondong-bondong datang ke Desa Shani Shingnapur adalah rumah-rumah di sana tanpa pintu. Kalau pun ada pintunya, hanya berupa kain dan terbuat dari kayu serta tidak terkunci, yang mana fungsinya hanya untuk menjaga rumah supaya anjing liar tidak masuk. Bukan cuma itu, uang-uang yang ada di dalam rumah juga hanya dimasukan ke dalam kaleng!

Apakah masyarakatnya tidak takut kalau ada pencuri dan orang-orang jahat masuk ke rumahnya? Jawabannya adalah mereka mempercayai, Desa Shani Shingnapur dijaga oleh Dewa Shani. Dalam kepercayaan umat Hindu, Dewa Shani akan memberi hasil perbuatan tiap manusia yang melakukan kejahatan saat masih hidup melalui hukuman.

Legenda setempat menyebutkan, 300 tahun lalu Desa Shani Shingnapur dilanda hujan, badai dan banjir. Sampai suatu ketika, seorang penggembala menemukan lempeng dari besi dan batu yang terbawa arus. Saat ditusuk dengan kayu, lempeng itu mengeluarkan darah.

Malam harinya, sang penggembala bermimpi Dewa Shani datang ke desa. Dia pun berjanji akan melindungi desa dari segala bahaya. Dari mimpinya itulah orang-orang percaya dan membuang pintu mereka. Sebab mereka percaya, desa mereka dijaga oleh Dewa Shani.

Penduduk Desa Shani Shingnapur justru merasa akan berdosa, kalau memasang pintu dan mengunci rumah. Mereka seolah tidak mempercayai kehadiran Dewa Shani. Lempengan besi yang ditemukan si penggembala itu, hingga kini masih ada di pusat desa dan selalu ramai didoakan.

Bahkan jika ada orang yang mau keluar desa, dia akan membiarkan rumahnya begitu saja. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, para pencuri yang beraksi di Desa Shani Shingnapur bakal mengalami nasib tragis. Dia akan buta dan mengalami nasib buruk selama 7 tahun!

Suatu bank bernama United Commercial Bank, dibuka di sana tahun 2011. Bank ini memang memasukan uangnya ke dalam brankas, hanya saja pintu kacanya tidak terkunci. Pihak bank ingin tetap menghargai kepercayaan masyarakat Desa Shani Shingnapur. Mungkin bank tersebut satu-satunya bank di dunia yang tidak pernah terkunci.

Masyarakat Desa Shani Shingnapur hidup dalam damai. Hal ini pun bikin turis penasaran untuk datang dan melihat rumah-rumah di sana tanpa pintu... yang mungkin menjuluki desanya sebagai tempat paling aman di dunia.**

sumber:detik.com

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com