Senin, 24 Juni 2019
Follow:
Home
Hati- Hati Anak Gemuk dan Sering Pipis...!
Jumat, 03/06/2016 - 12:11:44 WIB
  Ilustrasi
 

KLIKRIAU.COM - Diabetes melitus pada anak-anak umumnya adalah diabetes tipe 1, yaitu kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel beta pankreas penghasil insulin. Akibatnya, pankreas tidak memroduksi insulin dan anak tergantung pada suntik insulin seumur hidupnya.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan, anak terkena diabetes tipe 2 yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Dokter spesialis anak Dana Nur Prihadi mengungkapkan, diabetes tipe 2, rata-rata ditemukan pada anak berusia di atas 10 tahun.

"Ada yang usia 13 tahun, 16 tahun, ada yang terkena diabetes tipe 2," kata Dana di kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jaya, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Dana mengungkapkan, kebanyakan anak dengan diabetes tipe dua adalah bertubuh gemuk atau kelebihan berat badan. Tanda lainnya, anak juga lebih sering pipis atau buang air kecil.

"Kalau gemuk mungkin orangtuanya bilang lucu. Tapi kalau anak lagi di sekolah, tiap setengah jam pipis, gurunya pasti juga jadi bertanya itu kenapa, ya," terang Dana.

Anak tersebut juga memiliki riwayat keluarga terkena diabetes tipe 2. Kemungkinan adanya gen diabetes yang sudah ada di tubuh bisa memicu terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2 ketika menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Anak yang gemuk memang terlihat menggemaskan. Namun, kebiasaannya makan banyak dan makan yang manis-manis bisa menyebabkan pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan insulin. Pada akhirnya, bisa terjadi resistensi insulin.

Jika sudah terkena penyakit kencing manis ini, mereka harus memperbaiki pola makan, rutin olahraga, dan mengontrol gula darah dengan konsumsi obat.

Untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2, orangtua seharusnya tidak membiarkan anak terlalu banyak makan manis sehingga bertubuh gemuk. Hentikan pula kebiasaan anak terlalu lama bermain gadget maupun menonton TV sehingga ia kurang bergerak aktif.*klik- (kpc)

 
Berita Terbaru >>
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com