Senin, 18 Maret 2019
Follow:
Home
Hati- Hati Anak Gemuk dan Sering Pipis...!
Jumat, 03/06/2016 - 12:11:44 WIB
  Ilustrasi
 

KLIKRIAU.COM - Diabetes melitus pada anak-anak umumnya adalah diabetes tipe 1, yaitu kondisi autoimun di mana sistem kekebalan tubuh merusak sel beta pankreas penghasil insulin. Akibatnya, pankreas tidak memroduksi insulin dan anak tergantung pada suntik insulin seumur hidupnya.

Meski demikian, tak tertutup kemungkinan, anak terkena diabetes tipe 2 yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Dokter spesialis anak Dana Nur Prihadi mengungkapkan, diabetes tipe 2, rata-rata ditemukan pada anak berusia di atas 10 tahun.

"Ada yang usia 13 tahun, 16 tahun, ada yang terkena diabetes tipe 2," kata Dana di kantor Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Jaya, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Dana mengungkapkan, kebanyakan anak dengan diabetes tipe dua adalah bertubuh gemuk atau kelebihan berat badan. Tanda lainnya, anak juga lebih sering pipis atau buang air kecil.

"Kalau gemuk mungkin orangtuanya bilang lucu. Tapi kalau anak lagi di sekolah, tiap setengah jam pipis, gurunya pasti juga jadi bertanya itu kenapa, ya," terang Dana.

Anak tersebut juga memiliki riwayat keluarga terkena diabetes tipe 2. Kemungkinan adanya gen diabetes yang sudah ada di tubuh bisa memicu terjadinya penyakit diabetes melitus tipe 2 ketika menjalani gaya hidup yang tidak sehat.

Anak yang gemuk memang terlihat menggemaskan. Namun, kebiasaannya makan banyak dan makan yang manis-manis bisa menyebabkan pankreas bekerja lebih keras untuk menghasilkan insulin. Pada akhirnya, bisa terjadi resistensi insulin.

Jika sudah terkena penyakit kencing manis ini, mereka harus memperbaiki pola makan, rutin olahraga, dan mengontrol gula darah dengan konsumsi obat.

Untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2, orangtua seharusnya tidak membiarkan anak terlalu banyak makan manis sehingga bertubuh gemuk. Hentikan pula kebiasaan anak terlalu lama bermain gadget maupun menonton TV sehingga ia kurang bergerak aktif.*klik- (kpc)

 
Berita Terbaru >>
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
Farida: Biar Saya Saja yang Dipenjara, Saya tak Mampu Bayar Uang Sekolah Anak
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Fraksi Terhadap LKPj Kepala Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com