Rabu, 22 Mei 2019
Follow:
Home
Bahaya Merokok Ternyata Juga Dapat Menyebabkan Mutasi DNA
Sabtu, 04/06/2016 - 08:25:00 WIB
  Ilustrasi
 

KLIKRIAU.COM - Sejumlah penelitian telah membuktikan, merokok bisa meningkatkan risiko kanker. Merokok bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu terjadinya pembentukan sel abnormal.

Sebuah penelitian di Inggris pun menunjukkan, setiap merokok 15 batang, ternyata bisa menyebabkan terjadinya satu mutasi DNA. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature. Penelitian ini didapat setelah memetakan kode genetik pasien kanker paru.

Peneliti mengidentifikasi 23.000 mutasi DNA yang disebabkan bahan kimia dari asap tembakau. Menurut peneliti, kerusakan tersebut terjadi akibat paparan asap rokok yang masuk ke dalam tubuh.

Semakin banyak mutasi DNA atau genetik tersebut dapat memicu terjadinya kanker. Terbentuknya sel yang tidak normal itu membutuhkan waktu cukup lama, yaitu puluhan tahun.

Dokter Andy Futreal dari Wellcome Trust mengatakan, kanker terjadi ketika sel yang tidak normal tumbuh di tempat yang tidak seharusnya.

Tak hanya pada perokok, mereka yang sering terpapar asap rokok juga berisiko mengalami mutasi DNA. Yang mengkhawatirkan, kerusakan DNA diduga bisa menurun ke generasi berikutnya.

Ketua peneliti, dokter Peter Campbell dari Wellcome Trust Sanger Institute di Cambridgeshire mengatakan, penelitian ini diharapkan dapat membantu menemukan penyebab kanker dan mengembangkan obat-obatan kanker sesuai dengan mutasi genetik yang terjadi.

Risiko utama terjadi kanker paru adalah merokok. Sebagian besar pasien kanker paru pun diketahui adalah perokok. Menurut peneliti, risiko kanker paru bisa menurun setelah 15 tahun berhenti merokok.

Peneliti menduga, sel pada paru-paru yang sebelumnya bermutasi kemudian digantikan oleh sel baru yang lebih sehat ketika seseorang berhenti merokok.*klik-(kpc)

 
Berita Terbaru >>
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com