Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Inilah Penyebab Gigi Sensitif
Rabu, 15/06/2016 - 11:15:47 WIB
  Ilustrasi
 

JAKARTA (klikriau.com) - Gigi terasa ngilu saat terkena makanan dan minuman dingin maupun panas, itu tandanya Anda mengalami gigi sensitif.

Dokter gigi Sabai Asmaraghrya mengungkapkan, gigi sensitif bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Paling sering terjadi karena cara menyikat gigi yang salah.

"Misalnya sikat gigi dengan tekanan yang terlalu kuat. Itu bisa membuat gusi turun," ujar Sabai di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Cara sikat gigi yang salah juga menyebabkan lapisan luar gigi atau email gigi menjadi terkikis. Sabai menjelaskan, menipisnya email gigi mengakibatkan terbukanya lapisan dentin. Hal inilah akhirnya yang menyebabkan gigi sensitif.

"Di dalam dentin terdapat tubuli dentin yang berhubungan dengan saraf. Kalau terkena rangsangan. Seperti minuman panas atau dingin, jadi terasa ngilu," jelas Sabai.

Selain itu, menipisnya email gigi juga bisa disebabkan oleh metode bleaching atau pemutihan gigi yang berlebihan. Makanan dan minuman yang bersifat erosi seperti terlaku asam juga bisa merusak email.

Untuk mencegah kerusakan email gigi dan jaringan lunak di dalam gigi, hindarilah makan atau minum terlalu panas, kemudian langsung minum dingin atau sebaliknya.

Rasa ngilu pada gigi sensitif biasanya hanya sebentar, namun terasa sangat tajam. Rasa ngilu atau sakit hanya muncul ketika terkena rangsangan, seperti makan atau minum panas, dingin, manis, dan asam.

Menurut Sabai, jika sudah mengalami gigi sensitif, gunakanlah pasta gigi untuk gigi sensitif dan menyikat gigi dengan benar. Hindari menyikat gigi dengan tekanan terlalu kuat. Saat menyikat bagian depan gigi, lakukanlah gerakan melingkar. (Kpc)

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com