Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Lombok Punya Mesjid Berusia 600 Tahun
Selasa, 21/06/2016 - 15:12:59 WIB
 
 

LOMBOK - Pulau Lombok terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid. Ternyata sebutan itu tidak salah karena banyak sekali masjid-masjid berumur ratusan tahun yang sudah berdiri di sini.

Salah satunya adalah Masjid Bayan Beleq di Jalan Labuan, Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Butuh waktu hampir 3 jam untuk tiba di masjid ini dari Kota Mataram.

Masjid Bayan Beleq sudah berdiri sejak tahun 1400. Dahulu masjid ini terletak di kaki Gunung Rinjani namun oleh ulama asal Baghdad, Irak Sheikh Abdul Razak dipindahkan ke Desa Bayan.

"Masjid ini didirikan pertama kali di kaki Gunung Rinjani. Lalu tahun 1400 ada ulama Baghdad namanya Sheikh Abdul Razak atau kalau orang sini menyebutnya Mutering Jagad atau orang yang suka berkeliling memindahkan masjid yang di kaki gunung ke Bayan," kata juru kunci Masjid Bayan Beleq Ratmanom di Bayan, Lombok, NTB, Selasa (21/6/2016).

"Secara tahun saka, berdirinya masjid ini itu di tahun alif. Alhamdulillah hingga saat ini masih banyak bangunan asli yang masih bertahan. Kalau pun kami ganti, itu selalu dengan bahan yang sama. Misal kayunya rusak. Ya kita carikan kayu lagi. Kami tidak gunakan bahan bangunan," lanjutnya.

Memang Mutering Jagad, lanjut pria berumur 74 tahun ini, selalu datang ke tempat dimana Islam belum ada. Kemudian beliau sebarkan dengan metode arena bermain.

"Mutering Jagad konon membangun masjid ini untuk menangkal kiamat. Jadi biar tak seperti kisah Nabi Nuh, beliau membangun masjid ini. Maka kadang orang menyebut masjid ini sebagai masjid penangkal kiamat," ucap Ratmanom.

Dari masjid ini pula, Abdul Razak menyebarkan Islam di Pulau Lombok khususnya di Desa Bayan. "Alhamdulillah masyarakat di Bayan semua memeluk agama Islam sejak ratusan tahun lalu. Dan tetap teguh hingga saat ini," tuturnya.

Masjid Bayan Beleq saat ini sudah menjadi situs sejarah kebudayaan NTB. Terakhir masjid ini pernah direnovasi pada tahun 1989.

"Bulan Ramadan seperti sekarang ini alhamdulillah banyak sekali pengunjung yang datang ke sini. Baik itu turis lokal maupun turis asing. Demi kebutuhan masjid seperti bila ada renovasi atau apa, kami selalu menyediakan buku sumbangan," tutup pria yang akrab disapa Amak Riajim ini. 

Ritual 8 Tahun Sekali
Masjid Bayan Baleq ini mempunyai suatu ritual yang adanya setiap 8 tahun sekali. Atau setiap masjid ini akan direnovasi yaitu ritual tilawah atau membaca Alquran di masjid selama proses renovasi yang dilakukan oleh kyai-kyai setempat.

"Pembacaan Alquran atau kami biasa sebut ritual tilawah ini dilakukan di kompleks masjidnya saat proses renovasi itu berlangsung. Jadi selama renovasi kami mengaji dari pagi, siang, dan malam," kata juru kunci Masjid Bayan Beleq Ratmanom di Bayan, Lombok, NTB, Selasa (21/6/2016).

"Tujuannya apa? Itu untuk memperlancar saja proses renovasi dan supaya kuat bangunannya. Karena inikan bangunan lama. Jadi minta kekuatan dari Allah SWT dengan cara baca Alquran," lanjutnya.

Selain ritual tilawah, di Masjid Bayan Beleq ini juga ada ritual potong ayam dan kambing saat musim tanam padi. Ritual ini dimaksudkan untuk memohon pada Allah SWT agar hasil tanam padinya diberi kesuburan.

"Biasanya ayam dan kambing dipotong usai tanam padi terus dibakar atau digoreng kemudia kita makan secara bersama-sama dengan warga sini," ucap Ratmanom.

Masjid Bayan Beleq sendiri terletak di sekitar persawahan. Bangunan masjid didominasi oleh anyaman bambu sebagai dinding masjid dan serabut kelapa sebagai atap masjidnya. Sedangkan lantai masjid hanya tanah.

Di dalam masjid juga terdapat sebuah bedug yang umurnya sama dengan umur masjid yaitu 600 tahun. Uniknya bedug dan empat tiang penopangnya masih asli sejak tahun 1400.**/detik.com

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com