Selasa, 19 Maret 2024
Follow:
Home
15 Tim Siap Bertarung di Tour de Siak 2016
Kamis, 13/Oktober/2016 - 20:32:19 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 
JAKARTA-15 tim dari dalam dan luar negeri siap bertarung pada ajang balap sepeda internasional Tour de Siak (TdSi) 2016. Sebanyak tujuh negara akan tampil pada kejuaraan yang digelar 17-22 Oktober. Tujuh negara tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, Singapura, Thailand, dan Taiwan.

Bupati Siak, Syamsuar mengatakan tahun ini, ada empat etape yang akan dilalui para pebalap dengan total rute mencapai 543 km. Etape I digelar pada 19 Oktober dari Kota Siak-Simpang Dayun (115,45 km) yang akan dilalui pebalap sebanyak tiga kali. Mereka akan melewati jalan lurus dan pendakian di jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah.

Etape II sepanjang 181,12 km merupakan rute terpanjang pada TdSi. Rute yang dilalui adalah Kota Siak-Dayun-Gasib-Tualang-Kota Siak. Etape III pada 21 Oktober akan melalui Kota Siak-Bungaraya-Sabah Auh-Sungai Apit-Kota Siak. Pada rute sejauh 154,18 km ini. Etape IV sepanjang 82,28 km pebalap akan melintasi jalanan Kota Siak yang menyuguhkan peninggalan sejarah Kerajaan Siak.

"TdSi digelar untuk keempat kalinya. Selain Istana Siak, para pebalap akan melintasi trek kebun sawit ditemani suhu panas dan kental dengan nuansa melayu. Saat ini, persiapan Siak untuk menyambut pagelaran TdSi sudah mencapai 98 persen,” katanya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (13/10), sebagaimana dilansir Beritasatu.com.

Diakui pihaknya menargetkan 12 negara yang mengikuti TdSi. Namun, ajang ini berbarengan dengan jelajah Malaysia sehingga ada beberapa tim yang tidak ikut di TdSi. Ajang ini biasanya digelar setiap September, namun pada bulan tersebut ada PON sehingga acara diundur pada Oktober.

"Untuk kondisi jalan masih menunggu tim Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) untuk melakukan peninjauan. Untuk keamanan, kami siapkan 250 personil, terutama di daerah Pelawang," kata Syamsuar.

Tim yang akan mengikuti TdSi antara lain Black Ink CCN Cycling Team Singapore, Singha Infinite Cycling Team Thailand, Action Cycling Team Taiwan, NSC-MYCRONE-Malaysia, Persatuan Lumba Basikal Trengganu Malaysia, Vietnam National Team, LOF Cycling Team Philipines.

Sementara itu, tim dalam negeri yang menjadi peserta yakni Pegasus Continental Team, Customs, Cycling Club, KFC Jakarta, PRCT Jakarta, Lombok Bike Community, BRCC Banyuwangi, PRB Pessel, dan tim lokal Siak BSP.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Esthy Reko Astuti, menyambut baik digelarnya ajang TdSi yang mengangkat sport tourism di Indonesia. Ajang balap sepeda internasional ini jelas membuat pemasukan bagi negara.

"Kami mendukung beberapa daerah melalui ajang tur balap sepeda. Ada daerah yang punya potensi baik itu destinasi wisata dan wilayah percepatan untuk pembangunan. Daerah Kepulauan Riau dan Bintan merupakan salah satu wilayah yang bisa dikembangkan," tutup Esthy.

Adapun total hadiah yang disediakan pada TdSi mencapai Rp 750 juta. Jumlah ini mengalami kenaikkan jika dibandingkan pada 2013 yang mencapai Rp 380 juta. (ee)

(f: bsc)

 
Berita Terbaru >>
Operasi Keselamatan Tinombala, Ribuan Pelanggar Tertangkap ETLE, 28 Kecelakaan Terjadi
Pj Walikota Launching Mobil Layanan Cepat LPJU dan Bus TMP Gratis Bagi ASN
PJS Sulsel Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan di Takalar, Diduga Pelakunya Mafia Solar
Burhanuddin Husin Kembali Nahkodai Pengprov PBVSI Riau 2024- 2028
Pemko Pekanbaru Gesa Perbaikan Infrastruktur untuk Masyarakat
KPID Riau Ungkap Temuan Siaran Penggiringan Opini di Pemilu 2024
Polisi Bongkar Ratusan Kilogram Sabu Jaringan Malaysia
Berkas Perkara P 21, Dua Tersangka Ledakan Smelter PT ITSS Diserahkan Kejari Morowali
TUMBUH by Astra Financial, Raih Promo Menarik dan Menangkan Sepeda Motor!
Subsidi Bunga Pinjaman Bagi UMKM, 500 Pelaku Usaha Ajukan Permohonan
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com