Minggu, 24 Maret 2019
Follow:
Home
Advertorial
Membanggakan, Selama 2016 Bank Riau Kepri Raih 38 Penghargaan Tingkat Nasional
Senin, 19/12/2016 - 17:55:32 WIB
 
 

BANK Riau Kepri (BRK), sebagai BUMD (badan usaha milik daerah) milik Pemerintah Provinsi Riau, makin mengukuhkan dirinya sebagai sebuah bank daerah terkemuka, yang mampu memberi andil dalam upaya mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau, dan memberi kontribusi bagi PAD (pendapatan asli daerah) Pemprov Riau.

Keunggulan BRK, antara lain, dibuktikan dengan sejumlah penghargaan yang diterima. Untuk tahun 2016 saja, menurut catatan, BRK telah merebut sebanyak 36 prestasi tingkat nasional. Sejalan dengan itu, Irvandi Gustari yang menjabat sebagai Dirut (Direktur Utama) BRK, selama 2016 telah menerima sembilan kali award sebagai The Best CEO maupun sebagai The Best Leadership atau sejenisnya.

Apa komentar Irvandi atas semua prestasi yang diraih oleh bank yang ia pimpin? Menurut Irvandi, pihaknya harus bersyukur atas nikmat Allah ini, dan  award yang diraih walaupun jumlahnya sudah sangat banyak (36 award) diraih selama tahun 2016 saja, bukan untuk disombongkan atau dibangga-banggakan, namun justru sebagai pemicu untuk selalu berprestasi dan mawas diri.
Menurut Irvandi, pencapaian ini adalah hasil kebersamaan dalam melakukan manajemen perubahan di BRK, dari jajaran Komisaris, jajaran Direksi, jajaran Pemimpin Divisi dan timnya, jajaran Pincab/ Pincapem/Pinkedai dan timnya.

"Dan tentunya komitmen dari para pemegang saham, dan dukungan dari para nasabah/debitur serta dukungan penuh bagi insan media yang luar biasa untuk BRK,"' ujar Irvandi Gustari.

Foto Inge Hawe.

Terakhir, menjelang tutup tahun 2016, BRK meraih The Winner of Best Banking Brand 2016 for Best Digital Title di ajang Indonesia Best Banking Brand Award 2016 yang diselenggarakan oleh majalah bisnis Warta Ekonomi, Jumat (16/12) di Grand Ballroom Hotel Pullman Jl. MH. Thamrin Jakarta. Indonesia Best Banking Brand Award 2016 merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap lembaga-lembaga perbankan di Indonesia yang memiliki kinerja yang baik sehingga mampu menciptakan reputasi yang baik di mata nasabah dari sisi debitur maupun kreditur dan dalam hal produk maupun layanan.

Sebelumnya, BRK menerima Anugerah Indonesia Good Corporate Governance (IGCG) Award II Tahun 2016, sebagai implementasi dari kelola perbankan yang menerapkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, pertanggungjawaban, independensi dan kewajaran yang telah diterapkan Bank Riau Kepri (BRK). Acara yang berlangsung di Balai Kartini Jakarta Rabu (7/12/2016) lalu menjadi bentuk penghargaan tertinggi bagi perusahaah yang terbaik dalam menjalankan GCG di Indonesia.

Indikator penilaian antara lain dilihat dari Laporan Keuangan Audited 2015 (25%), laporan tahunan 2015 (40%), kelengkapan infrastruktur GCG (20%), kelengkapan soft structure GCG (10%) dan keterbukaan atas masalah yang dihadapi perusahaan (5%).

IGCGA 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review bekerjasama dengan IPMI International Business School, Sinergi Daya Prima dan Indonesia Asia Institute - Ideku Group, bertujuan untuk memacu perusahaan dalam meningkatkan prestasi dan mengimplementasikan praktek GCG di Indonesia. Para pemenang IGCGA 2016 terdiri dari Perusahaan Swasta, BUMN, BUMD, BPD dan lain nya.

Foto Inge Hawe.

Pendiri Majalah Economic Review dalam sambutannya mengatakan bahwa para pemenang IGCG 2016 merupakan perusahaan yang dapat survive dalam persaingan serta tetap menerapkan etika bisnis  yaitu penerapan GCG sehingga dapat mewujudkan iklim usaha yang sehat dan transparan.

Sebelumnya lagi, BRK meraih penghargaan tertinggi yaitu 2 Award pada Ajang  Award  SPEx2 yang diselenggarakan Majalah Tempo bekerjasama dengan Asbandaya itu. Dalam ajang ini, BRK meraih predikat sebagai Pemenang 2016 SPEx2 (Strategy Into Performance  ExcutionExcelllence) Award sebagai "The Best of  Transformation Strategy in BPD Industry", dan  DR IrvandiGustaridari PT. BPD Riau Kepri meraih sebagai Pemenang 2016 SPEx2 Award sebagai " The Best Chief Strategy Excution Officer in BPD Industry". 

Tim Juri dari Award ini sangat bergengsi dan dengan tingkat kredibilitas yang tinggi yaitu: 1) SubarjoJoyosumarto- Dekan Indonesia Banking Scholl (juga mantan Deputy Gubernur Bank Indonesia) , 2) HeruKristiyana- Mantan Deputy Commissioner OJK, 3) Meiky Sofyansyah- Deputy Director Tempo Media Group.

Foto Inge Hawe.

Kedua award ini melengkapi jumlah award yang telah diterima oleh Bank Riau Kepri untuk selama tahun 2016 ini yaitu sejumlah 36 Award tingkat nasional dan bagi Irvandi Gustari sendiri sebagaiDirutBRK, award ini juga melengkapi award yang diterima sebagai The Best CEO maupun sebagai The Best Leadership atau sejenisnya dengan jumlah 9 Award.  BRK dalam award ini telah menyisihkan 27 BPD lainnya dan dasar penilaian bagi BRK meraih Award sebagai "The Best of Transformation Strategy in BPD Industry.''

Sebelumnya, dari 27 BPD yang di Indonesia ada 16 BPD yang masuk nominasi TOP IT Telco, akhirnya Bank Riau Kepri terpilih untuk kategori BPD sebagai  Best Practice 2016 "ImplimentationOn ICT Local Bank 2016". Hadir dalam menerima award tersebut dari BRK Direktur Operasional Deny M. Akbar pada acara penganugerahanpemenang Top IT Telco 2016 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu(23/11), yang dihadiri oleh Menteri Komunikasidan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Ketua Penyelenggara TOP IT & TELCO 2016 Lutfi Handayani yang juga Ceo Majalah iTech mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upayau ntukikut mendorong peningkatan daya saing nasional. Keberhasilan implementasi dan pemanfaatan TI di perusahaan, akan mendorong terciptanya pengelolaan manajemen dan bisnis, menjadi lebih efisien, efektif, profesional, danber daya saingtinggi.

Foto Inge Hawe.

Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin MSc. Men, Ketua Dewan Juri mengatakan,  penilaian TOP IT & TELCO 2016, terdiri dari 4 metode penilaian. Pertama, Penentuan pemenang kategori TOP IT - Corporate & Institution Best Practice 2016, dilakukan melalui metode Pengisian Kuesioner dan WawancaraPenjurian.  Metode ini diawali dengan kegiatan Focused Group Discussion - FGD, untuk mengidentifikasi dan menyeleksi awal, perusahaan-perusahaan yang dinilai berhasil dalamhal implementasi dan pemanfaatan IT-nya, dan Instansi pemerintahan yang memiliki peringkat e-Government (PEGI) 10 terbai kpada kelompok Kementerian/Lembaga dan Pemerintahan Daerah.

Pada pertengahan Okrober, Majalah Economic Review bekerjasama dengan Perbanas Institute kembali menyelenggarakan Anugerah Perbankan Indonesia (APBI), penyelenggaraan yang memasuki tahunke V ini merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan sebagai bentukp enghargaan kepada perusahaan perbankan yang telah berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.
Acara yang berlangsung padaKamis malam (13/10) di BalaiK artini, Jakarta dihadiri oleh insan perbankan dari seluruh Indonesia.

Pemberian penghargaan bagi perbankan oleh APBI tersebut dilihat dari pertumbuhan kinerja perusahaan (delta growth) di 2015, kontribusi perbankan bagi perkembangan ekonomi yang dilihat dari sumberantara lain Annual Report 2015, dari Website perusahaan perbankan dari data public, hasil interview (wawancara) sertaon the spotlangsung. Dewan juri yang terdiri dari Dewan Penasehat Juri : Prof. Roy Sembel PhD (Profesor Finance-IPMI International Business School), Ketua DewanJuri: Prof. DR. Ir. Marsudi W.K, MSc (RektorPerbanas) serta 14 anggota dewan juri yang berkompeten di bidang masing-masing antara lain DR. Dewi Anggaraini, SE, MBA (Director DayaMakara UI/MantanDirektur Dana Reksa).

Dari hasil penjurian yang dilaksanakan secara ketat, objektif dan dan fair, Bank Riau Kepri berhasil sabet empat penghargaan. Yaitu, Penghargaan Korporasi Kelompok BPD BUKU - II (asset Rp 10 T s/d <Rp 25 T) :Peringkat I untuk Corporate Communication, Peringkat III Bidang Good Corporate Governance (GCG), Peringkat III Bidang Human Capital dan yang membanggakan kembali terpilihnya DR. Irvandi Gustari sebagai The Best Visionary CEO. Penghargaan yang sebelumnya diterima Dirut Bank Riau Kepripadatahun 2015 lalu. Dengan diterimanya penghargaan yang diraih BRK tersebut hingga Oktober 2016 Bank Riau Kepri telah memperoleh 22  penghargaan tingkat nasional.

Sebelumnya, BRK kembaliraih penghargaan tingkat nasional, setelah sehari sebelumnya peroleh 2 penghargaan dari Indonesia Banking Awards 2016 yang di yang diadakan oleh Tempo Media Group dan Indonesia Banking di Jakarta pada Rabu(7/9) padaK amis (8/9) kembali menerima penghargaan tingkatnasional. Kali ini penghargaan diberikan oleh Indonesia Human Capital Study (IHCS) Award 2016 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi terbaik tingkat nasional untuk pengelolaan Sumber DayaManusia (SDM) Bank Riau Kepri yang telah dilakukan selama tahun 2015 lalu. IHCS sendiri merupakan sebuah studi yang diadakan oleh Majalah Business News Indonesia bekerjasama dengan Dunamis Human Capital, Asbanda, SB ITB, SB IPB, SB UI. Penghargaan IHCS Awards 2016  telah tujuh kali dilaksanakan dan dalam penghargaan ini Bank Riau Kepri peroleh 2 Kategoriyaitu The Best of Human Capital Index dan The Best Employee Net Promoter Score (NPS).

Untuk Kategori The Best of Human Capital Index Bank Riau Kepri mengungguli seluruh BPD se Indonesia, selain BRK yang menerima penghargaan untuk kategori yang sama yaitu PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT. Adira Dinamika MultifinanceT bk, PT. Bank BNI Syariah, PT. PP (Persero) Tbk, PT. Enseval Putra Mega Trading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (Persero) dan PT. Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk The Best Employee NPS selain Bank Riau Kepri penerima penghargaan yaitu PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT. FIF, PT. Bank BTN (Persero) Tbk, PT. WijayaKarya (Persero) Tbk, PT. Enseval Putera Megatrading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (persero) Tbk, BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir menerima penghargaan tersebut DirekturUtama BRK DR. Irvandi Gustari serta Direktur Operasional BRK Denny Muliya Akbar. Turut menghadiri gelaran tersebut Komisaris Utama BRK HR. Mambang Mit, Pemimpin Desk Corporate Secretary Winovri, Pemimpin Bagian DMSDM Doni Raymond dan Pemimpin Bagian Divisi Perencanaan Strategis Yasral.

Sementara paa 26 Agusus 2016,Info Bank melalui Biro Riset InfoBank menyelenggarakan acara Award Perbankan Nasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Acara dibuka oleh  Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY yang diwakili oleh Assisten II Sekda Pemprov DIY, dan sambutan juga disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Majalah InfoBank  dan dihadiri oleh para Bupat dan Walikota dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) , para Komisaris Utama dan Direktur Utama dari Bank-Bank yang meraih penghargaan nasional untuk kategori kinerja dengan menggunakan parameter yang akurat dan terukur, valid. Penilaian yang dilakukan adalah untuk tahun  anggaran kinerja 2015.

Dalam ajang award tingkat nasional ini, Bank Riau Kepri (BRK)  meraih penghargaan tertinggi dari segi kinerja tahun 2015 dengan predikat " Sangat Bagus"  dan juga Bank Riau Kepri mendapatkan penghargaan Platinum Award, dimana telah berhasil mempertahankan predikat kinerja "Sangat Bagus" selama 10 tahun berturut-turut.

Eko B. Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian kinerja tersebut mengggunakan 8 parameter yaitu  1) Peringkat Profil Manajemen Resiko, 2) Peringkat Nilai Komposit GCG, 3) Permodalan ( CAR & Pertumbuhan Modal Inti), 4) Kualitas Aset (NPL, Pertumbuhan Kredit Yang diberikan), 5) Rentabilitas ( ROA, ROE, Pertumbuhan Laba Tahun Berjalan), 6) Likuiditas ( LDR dan Dana Pihak Ketiga), 7) Efisiensi ( Beban Operasional/ BOPO dan Net Interest Margin.

Dari 118 Bank, terbagi dalam  kategori Kinerja untuk Tahun Anggaran 2015 : a) Kategori Sangat Bagus sebanyak 69 Bank, b) Kategori " Bagus" sebanyak 25 Bank, c) Kategori   "Cukup Bagus" sebanyak 11 Bank, d) Kategori " Tidak Bagus" sebanyak 3 Bank, dan D) Kategori " Tidak ada Data Penilaian" sebanyak 10 Bank. Bank Riau Kepri untuk Kinerja tahun anggaran 2015 meraih predikat " Sangat Bagus".

Disebutkan oleh  Eko B Supriyanto selaku Pemimpin Redaksi Info Bank dan Pemimpin Biro Riset Infobank dalam sambutan disebutkan bahwa sebanyak 56 Bank dari 118 Bank yang ada , mengalami penurunan laba dan hal itu disebabkan oleh kondisi perekonomian dunia yang melambat dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Kategori selanjutnya adalah untuk Kinerja yang konsisten berkesinambungan: 1) Kategori 20 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 2) Kategori 15 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 3) Kategori 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 4) Kategori 5 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus. Untuk Kategori ini, Bank Riau Kepri meraih predikat 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus dan untuk diberikan penghargaan oleh InfoBank yaitu : Golden Award. Dengan demikian dalam Ajang Malam Penganugerahan Infobank Award ini, BRK meraih 2 Award.

Dalam ajang acara Award InfoBank ini, dari BRK dihadiri oleh Direktur Utama Irvandi Gustari dan Komisaris Utama HR. Mambang Mit , Direktur Operasional Denni Mulia Akbar dan Corsec Winovri. Selesai acara, Direktur Utama Bank Riau Kepri, menyatakan bahwa pencapaian prestasi ini adalah merupakan wujud karya dari segenap insan BRK yang terdiri dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi dan seluruh lapisan pegawai BRK yang telah bahu membahu dan komit untuk terus berkinerja bagus dan termasuk dukungan dari para pemegang saham dan para stakeholder lainnya termasuk insan media tentunya.

Diakui Irvandi, bahwa tahun 2015 adalah tahun yang sangat sulit dan faktor eksternal sangat menekan kinerja perbankan secara nasional, dan pada tahun 2016 ini menurut Irvandi ternyata juga belum memperlihatkan kearah perkembangan yang lebih baik terkait kondisi perekonomian global dan Indonesia khususnya. Lagi-lagi Irvandi menyampaikan, award ini adalah Nikmat Allah. ''Kita jangan larut dengan kebanggaan saja dan harus banyak bersyukur serta  tetap waspada dan semangat untuk raih kinerja yang terbaik pada tahun anggaran 2016 ini,'' tuturnya.***/Adv/syafriadi


Sebelumnya, BRK kembaliraih penghargaan tingkat nasional, setelah sehari sebelumnya peroleh 2 penghargaan dari Indonesia Banking Awards 2016 yang di yang diadakan oleh Tempo Media Group dan Indonesia Banking di Jakarta pada Rabu(7/9) padaK amis (8/9) kembali menerima penghargaan tingkatnasional. Kali ini penghargaan diberikan oleh Indonesia Human Capital Study (IHCS) Award 2016 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi terbaik tingkat nasional untuk pengelolaanSumberDayaManusia (SDM) Bank Riau Kepri yang telah dilakukan selama tahun 2015 lalu. IHCS sendiri merupakan sebuah studi yang diadakan oleh Majalah Business News Indonesia bekerjasama dengan Dunamis Human Capital, Asbanda, SB ITB, SB IPB, SB UI. Penghargaan IHCS Awards 2016  telah tujuh kali dilaksanakan dan dalam penghargaan ini Bank Riau Kepri peroleh 2 Kategoriyaitu The Best of Human Capital Index dan The Best Employee Net Promoter Score (NPS).

Untuk Kategori The Best of Human Capital Index Bank Riau Kepri mengungguli seluruh BPD se Indonesia, selain BRK yang menerima penghargaan untuk kategori yang sama yaitu PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT. Adira Dinamika MultifinanceT bk, PT. Bank BNI Syariah, PT. PP (Persero) Tbk, PT. Enseval Putra Mega Trading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (Persero) dan PT. Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk The Best Employee NPS selain Bank Riau Kepri penerima penghargaan yaitu PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT. FIF, PT. Bank BTN (Persero) Tbk, PT. WijayaKarya (Persero) Tbk, PT. Enseval Putera Megatrading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (persero) Tbk, BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir menerima penghargaan tersebut DirekturUtama BRK DR. Irvandi Gustari serta Direktur Operasional BRK Denny Muliya Akbar. Turut menghadiri gelaran tersebut Komisaris Utama BRK HR. Mambang Mit, Pemimpin Desk Corporate Secretary Winovri, Pemimpin Bagian DMSDM Doni Raymond dan Pemimpin Bagian Divisi Perencanaan Strategis Yasral.

Sementara paa 26 Agusus 2016,Info Bank melalui Biro Riset InfoBank menyelenggarakan acara Award Perbankan Nasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Acara dibuka oleh  Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY yang diwakili oleh Assisten II Sekda Pemprov DIY, dan sambutan juga disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Majalah InfoBank  dan dihadiri oleh para Bupat dan Walikota dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) , para Komisaris Utama dan Direktur Utama dari Bank-Bank yang meraih penghargaan nasional untuk kategori kinerja dengan menggunakan parameter yang akurat dan terukur, valid. Penilaian yang dilakukan adalah untuk tahun  anggaran kinerja 2015.

Dalam ajang award tingkat nasional ini, Bank Riau Kepri (BRK)  meraih penghargaan tertinggi dari segi kinerja tahun 2015 dengan predikat “ Sangat Bagus”  dan juga Bank Riau Kepri mendapatkan penghargaan Platinum Award, dimana telah berhasil mempertahankan predikat kinerja “ Sangat Bagus” selama 10 tahun berturut-turut.

Eko B. Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian kinerja tersebut mengggunakan 8 parameter yaitu  1) Peringkat Profil Manajemen Resiko, 2) Peringkat Nilai Komposit GCG, 3) Permodalan ( CAR & Pertumbuhan Modal Inti), 4) Kualitas Aset (NPL, Pertumbuhan Kredit Yang diberikan), 5) Rentabilitas ( ROA, ROE, Pertumbuhan Laba Tahun Berjalan), 6) Likuiditas ( LDR dan Dana Pihak Ketiga), 7) Efisiensi ( Beban Operasional/ BOPO dan Net Interest Margin.

Dari 118 Bank, terbagi dalam  kategori Kinerja untuk Tahun Anggaran 2015 : a) Kategori Sangat Bagus sebanyak 69 Bank, b) Kategori " Bagus" sebanyak 25 Bank, c) Kategori "Cukup Bagus" sebanyak 11 Bank, d) Kategori " Tidak Bagus" sebanyak 3 Bank, dan D) Kategori "Tidak ada Data Penilaian" sebanyak 10 Bank. Bank Riau Kepri untuk Kinerja tahun anggaran 2015 meraih predikat "Sangat Bagus".

Disebutkan oleh  Eko B Supriyanto selaku Pemimpin Redaksi Info Bank dan Pemimpin Biro Riset Infobank dalam sambutan disebutkan bahwa sebanyak 56 Bank dari 118 Bank yang ada , mengalami penurunan laba dan hal itu disebabkan oleh kondisi perekonomian dunia yang melambat dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Kategori selanjutnya adalah untuk Kinerja yang konsisten berkesinambungan: 1) Kategori 20 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 2) Kategori 15 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 3) Kategori 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 4) Kategori 5 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus. Untuk Kategori ini, Bank Riau Kepri meraih predikat 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus dan untuk diberikan penghargaan oleh InfoBank yaitu : Golden Award. Dengan demikian dalam Ajang Malam Penganugerahan Infobank Award ini, BRK meraih 2 Award.

Dalam ajang acara Award InfoBank ini, dari BRK dihadiri oleh Direktur Utama Irvandi Gustari dan Komisaris Utama HR. Mambang Mit , Direktur Operasional Denni Mulia Akbar dan Corsec Winovri. Selesai acara, Direktur Utama Bank Riau Kepri, menyatakan bahwa pencapaian prestasi ini adalah merupakan wujud karya dari segenap insan BRK yang terdiri dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi dan seluruh lapisan pegawai BRK yang telah bahu membahu dan komit untuk terus berkinerja bagus dan termasuk dukungan dari para pemegang saham dan para stakeholder lainnya termasuk insan media tentunya.

Diakui Irvandi, bahwa tahun 2015 adalah tahun yang sangat sulit dan faktor eksternal sangat menekan kinerja perbankan secara nasional, dan pada tahun 2016 ini menurut Irvandi ternyata juga belum memperlihatkan kearah perkembangan yang lebih baik terkait kondisi perekonomian global dan Indonesia khususnya. Lagi-lagi Irvandi menyampaikan, award ini adalah Nikmat Allah. "'Kita jangan larut dengan kebanggaan saja dan harus banyak bersyukur serta  tetap waspada dan semangat untuk raih kinerja yang terbaik pada tahun anggaran 2016 ini," tuturnya.***/Adv/syafriadi


Sebelumnya, BRK kembaliraih penghargaan tingkat nasional, setelah sehari sebelumnya peroleh 2 penghargaan dari Indonesia Banking Awards 2016 yang di yang diadakan oleh Tempo Media Group dan Indonesia Banking di Jakarta pada Rabu(7/9) padaK amis (8/9) kembali menerima penghargaan tingkatnasional. Kali ini penghargaan diberikan oleh Indonesia Human Capital Study (IHCS) Award 2016 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta.

Foto Inge Hawe.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi terbaik tingkat nasional untuk pengelolaanSumberDayaManusia (SDM) Bank Riau Kepri yang telah dilakukan selama tahun 2015 lalu. IHCS sendiri merupakan sebuah studi yang diadakan oleh Majalah Business News Indonesia bekerjasama dengan Dunamis Human Capital, Asbanda, SB ITB, SB IPB, SB UI. Penghargaan IHCS Awards 2016  telah tujuh kali dilaksanakan dan dalam penghargaan ini Bank Riau Kepri peroleh 2 Kategoriyaitu The Best of Human Capital Index dan The Best Employee Net Promoter Score (NPS).

Untuk Kategori The Best of Human Capital Index Bank Riau Kepri mengungguli seluruh BPD se Indonesia, selain BRK yang menerima penghargaan untuk kategori yang sama yaitu PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT. Adira Dinamika MultifinanceT bk, PT. Bank BNI Syariah, PT. PP (Persero) Tbk, PT. Enseval Putra Mega Trading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (Persero) dan PT. Tugu Pratama Indonesia. Sedangkan untuk The Best Employee NPS selain Bank Riau Kepri penerima penghargaan yaitu PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT. FIF, PT. Bank BTN (Persero) Tbk, PT. WijayaKarya (Persero) Tbk, PT. Enseval Putera Megatrading, PT. United Tractors Tbk, PT. Semen Indonesia (persero) Tbk, BPJS Ketenagakerjaan.

Hadir menerima penghargaan tersebut DirekturUtama BRK DR. Irvandi Gustari serta Direktur Operasional BRK Denny Muliya Akbar. Turut menghadiri gelaran tersebut Komisaris Utama BRK HR. Mambang Mit, Pemimpin Desk Corporate Secretary Winovri, Pemimpin Bagian DMSDM Doni Raymond dan Pemimpin Bagian Divisi Perencanaan Strategis Yasral.

Sementara paa 26 Agusus 2016,Info Bank melalui Biro Riset InfoBank menyelenggarakan acara Award Perbankan Nasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Acara dibuka oleh  Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY yang diwakili oleh Assisten II Sekda Pemprov DIY, dan sambutan juga disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Majalah InfoBank  dan dihadiri oleh para Bupat dan Walikota dari Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) , para Komisaris Utama dan Direktur Utama dari Bank-Bank yang meraih penghargaan nasional untuk kategori kinerja dengan menggunakan parameter yang akurat dan terukur, valid. Penilaian yang dilakukan adalah untuk tahun  anggaran kinerja 2015.

Dalam ajang award tingkat nasional ini, Bank Riau Kepri (BRK)  meraih penghargaan tertinggi dari segi kinerja tahun 2015 dengan predikat “ Sangat Bagus”  dan juga Bank Riau Kepri mendapatkan penghargaan Platinum Award, dimana telah berhasil mempertahankan predikat kinerja “ Sangat Bagus” selama 10 tahun berturut-turut.

Eko B. Supriyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian kinerja tersebut mengggunakan 8 parameter yaitu  1) Peringkat Profil Manajemen Resiko, 2) Peringkat Nilai Komposit GCG, 3) Permodalan ( CAR & Pertumbuhan Modal Inti), 4) Kualitas Aset (NPL, Pertumbuhan Kredit Yang diberikan), 5) Rentabilitas ( ROA, ROE, Pertumbuhan Laba Tahun Berjalan), 6) Likuiditas ( LDR dan Dana Pihak Ketiga), 7) Efisiensi ( Beban Operasional/ BOPO dan Net Interest Margin.

Dari 118 Bank, terbagi dalam  kategori Kinerja untuk Tahun Anggaran 2015 : a) Kategori Sangat Bagus sebanyak 69 Bank, b) Kategori “ Bagus” sebanyak 25 Bank, c) Kategori “ Cukup Bagus” sebanyak 11 Bank, d) Kategori “ Tidak Bagus” sebanyak 3 Bank, dan D) Kategori “ Tidak ada Data Penilaian” sebanyak 10 Bank. Bank Riau Kepri untuk Kinerja tahun anggaran 2015 meraih predikat “ Sangat Bagus”.

Disebutkan oleh  Eko B Supriyanto selaku Pemimpin Redaksi Info Bank dan Pemimpin Biro Riset Infobank dalam sambutan disebutkan bahwa sebanyak 56 Bank dari 118 Bank yang ada , mengalami penurunan laba dan hal itu disebabkan oleh kondisi perekonomian dunia yang melambat dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan bisnis di Indonesia.

Kategori selanjutnya adalah untuk Kinerja yang konsisten berkesinambungan: 1) Kategori 20 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 2) Kategori 15 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 3) Kategori 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus, 4) Kategori 5 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus. Untuk Kategori ini, Bank Riau Kepri meraih predikat 10 tahun berturut-turut meraih Predikat Sangat Bagus dan untuk diberikan penghargaan oleh InfoBank yaitu : Golden Award. Dengan demikian dalam Ajang Malam Penganugerahan Infobank Award ini, BRK meraih 2 Award.

Dalam ajang acara Award InfoBank ini, dari BRK dihadiri oleh Direktur Utama Irvandi Gustari dan Komisaris Utama HR. Mambang Mit , Direktur Operasional Denni Mulia Akbar dan Corsec Winovri. Selesai acara, Direktur Utama Bank Riau Kepri, menyatakan bahwa pencapaian prestasi ini adalah merupakan wujud karya dari segenap insan BRK yang terdiri dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi dan seluruh lapisan pegawai BRK yang telah bahu membahu dan komit untuk terus berkinerja bagus dan termasuk dukungan dari para pemegang saham dan para stakeholder lainnya termasuk insan media tentunya.

Diakui Irvandi, bahwa tahun 2015 adalah tahun yang sangat sulit dan faktor eksternal sangat menekan kinerja perbankan secara nasional, dan pada tahun 2016 ini menurut Irvandi ternyata juga belum memperlihatkan kearah perkembangan yang lebih baik terkait kondisi perekonomian global dan Indonesia khususnya. Lagi-lagi Irvandi menyampaikan, award ini adalah Nikmat Allah. ''Kita jangan larut dengan kebanggaan saja dan harus banyak bersyukur serta  tetap waspada dan semangat untuk raih kinerja yang terbaik pada tahun anggaran 2016 ini,'' tuturnya.***/Adv/syafriadi

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com