Senin, 17 Juni 2019
Follow:
Home
Petani di Kampar Panen Pare Hasil Budidaya di Lahan Gambut
Senin, 30/01/2017 - 11:50:36 WIB
  Panen Pare
 

KAMPAR - Petani asal Desa Sungai Lipai, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Parijan tidak menyangka jika lahan gambut bisa menanam berbagai tanaman. Ia menepis ucapan orang-orang jika lahan gambut tidak bisa produktif. Hal itu ia buktikan dengan panen pare sekitar lima ton.

Parijan yang tergabung dalam kelompok tani Mekar Tani Binaan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini mengaku sangat puas dengan hasil panen yang ia lakukan. Sebab, berhasilnya panen hingga lima ton di lahan seluas setengah hektar tersebut berkat kegigihan dan kesabarannya.

"Si pahit yang membawa berkah. Saya menunggu hampir dua bulan. Mulai tanam sampai panen. Sangat puas dengan hasil panen, cukup luar biasa dan diluar dugaan saya," tuturnya sambil tersenyum.

Ia mengatakan keberhasilan panen pare ini tidak terlepas oleh kepedulian CD PT RAPP yang terus memberikan dukungan, diantaranya bantuan sarana produksi dan pendampingan kepada kelompok tani. Lewat dukungan ini, kata Parijan, kelompok tani yang diketuai oleh Sakimin dengan 12 orang anggota ini sangat aktif berkebun.

"Hasil panen langsung diambil oleh pelanggan dari Pekanbaru. Kemudian dipasarkan di sana. Saya mengucapkan terimasih atas kepedulian PT RAPP yang sangat peduli dengan masyarakat, terutama kelompok tani sehingga bisa panen sebanyak ini dan dengan ini membantu perekonomian kami," ungkapnya,Sabtu (28/1).

CD Officer PT RAPP estate Teso, M Daim mengatakan komoditi yang ada pada kelompok tani ini yaitu semangka, kacang panjang, cabe rawit, melon dan pare. Bantuan yang diberikan kepada kelompok tani berupa sarana produksi  pertanian dan pembentukan unit simpan pinjam kelompok tani.

"Perusahaan memberikan dukungan kepada kelompok tani ini agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sesuai dengan salah satu prinsip 4C, perusahaan harus baik untuk masyarakat (good for community)," tutupnya.**/rilis

 
Berita Terbaru >>
Sedang Transaksi, Polisi Ciduk Dua Pria Pengedar 1 Kg Sabu di Dumai
Manfaat Dibalik Pahitnya Daun Pepaya
Shakira, Kecantikan dan Keindahan Tubuh yang Tak Lekang
Pedoman Sederhana Mengetahui Hadits Shahih
Presiden Serahkan Penjaringan Calon Pimpinan KPK Kepada Pansel
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com