Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Tradisi Perahu Baganduang, Sambut Lebaran di Sungai Kuantan
Senin, 26/06/2017 - 11:49:12 WIB
 
 

LUBUK JAMBI - Heboh bunyi mercun, kembang api serta dentuman meriam dipagi lebaran, Minggu (25/6/2017), menandakan hari kemenangan itu telah tiba. Saat pagi datang, ribuan masyarakat berbondong-bondong menuju tepi sungai kuantan menyaksikan hilirnya perahu baganduang yang dinaiki para pemuda desa.

Perahu baganduang adalah festival budaya dan tradisi yang juga sudah menjadi salah satu event pariwisata budaya di Kuansing. Festival perahu Baganduang tidak hanya ditunggu oleh masyarakat  Lubuk Jambi dan sekitarnya namun juga masyarakat Kuansing  sebagai salah satu hiburan menarik selama lebaran Idul Fitri.

Masyarakat dapat menyaksikan aneka perahu Baganduang yang telah dihias semenarik mungkin, dimeriahlkan dengan bunyi-bunyian dari meriam dan mercon yang membuat suasana semakin meriah.

Ribuan masyarakat terlihat berkumpul menyaksikan hilirnya perahu baganduang. Adu kekuatan bunyi berbagai petasan dan mercon kembang api tak terhindarkan menambah semarak pagi lebaran di Lubuk Jambi.

Bahkan pagi lebaran di sungai kuantan sempat tertutupi kabut asap  dan menghilangkan jembatan Lubuk Jambi dari kejauhan, hampir dua jam bunyi mercun kembang api ini tak berhenti.

"Tahun ini cukup semarak, jumlah perahu baganduang juga bertambah, tentunya ini mengobati hati para perantau yang pulang kampung,"ujar seorang warga yang menyaksikan kemeriahan pagi lebaran di topian Muko Lobuah desa Banjar Padang, tempat perahu baganduang berhenti.***/muh

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com