Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Dihadiri Gubri, Ribuan Warga Hadiri Acara Hari Raya Enam Bangkinang
Minggu, 02/07/2017 - 13:46:03 WIB
  Foto dok Humas Pemko
 

BANGKINANG - Ribuan masyarakat di Kampar hari ini, Minggu (2/7/2017) merayakan acara tradisi turun temurun, Hari Raya Enam, selepas puasa sunnah selama enam hari di bulan Syawal. Selain untuk silaturrahmi, acara Hari Raya Enam ini diisi dengan ziarah ke lokasi pemakaman yang ada.

Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman ikut hadir dalam acara ini dengan lokasi Muara Uwai. Tentu juga hadir Bupati Kampar Aziz Zaenal dan Walikota Pekanbaru Firdaus, beserta ribuan masyarakat Muara Uwai.

Sebelum ziarah kubur, terlebih dahulu dilaksanakan takziah dan doa  bersama, di depan Masjid, dimana terdapat makam para ninik mamak masyarakat Muara Uwai.

Usai berdoa dan ziarah kubur, masyarakat pun saling bersalaman. Acara dilanjutkan dengan sarapan bersama di Rumah Tuo, yang tak jauh dari Masjid Jami' Bangkinang.

Berbagai makanan ciri khas Bangkinang, seperti, roti jala, lapek bugi, lemang tapai, lomang pasung, lontong soto dan jenis makanan lainnya dihidangkan.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, tradisi ini harus terus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Bangkinang. Selain menyampaikan doa, tradisi ini juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Kabupaten Kampar.

"Ziarah kubur ini sudah tradisi turun temurun dan perlu terus dilanjutkan. Selain berkumpul dengan keluarga juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Kampar," kata Gubri.

Pada kesempatan ini, Gubernur menyatakan bahwa tradisi ziarah kubur akan dijadikan sebagai salah satu iven Pariwisata Riau.

"Dalam setiap kegiatan hari raya enam di Muara Uwai ini ribuan orang hadir. Tentu bisa menjadi salah satu penarik wisatawan, termasuk wisatawan manca negara," kata Gubri.*/saf


 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com