Selasa, 19 Maret 2019
Follow:
Home
Dihadiri Gubri, Ribuan Warga Hadiri Acara Hari Raya Enam Bangkinang
Minggu, 02/07/2017 - 13:46:03 WIB
  Foto dok Humas Pemko
 

BANGKINANG - Ribuan masyarakat di Kampar hari ini, Minggu (2/7/2017) merayakan acara tradisi turun temurun, Hari Raya Enam, selepas puasa sunnah selama enam hari di bulan Syawal. Selain untuk silaturrahmi, acara Hari Raya Enam ini diisi dengan ziarah ke lokasi pemakaman yang ada.

Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman ikut hadir dalam acara ini dengan lokasi Muara Uwai. Tentu juga hadir Bupati Kampar Aziz Zaenal dan Walikota Pekanbaru Firdaus, beserta ribuan masyarakat Muara Uwai.

Sebelum ziarah kubur, terlebih dahulu dilaksanakan takziah dan doa  bersama, di depan Masjid, dimana terdapat makam para ninik mamak masyarakat Muara Uwai.

Usai berdoa dan ziarah kubur, masyarakat pun saling bersalaman. Acara dilanjutkan dengan sarapan bersama di Rumah Tuo, yang tak jauh dari Masjid Jami' Bangkinang.

Berbagai makanan ciri khas Bangkinang, seperti, roti jala, lapek bugi, lemang tapai, lomang pasung, lontong soto dan jenis makanan lainnya dihidangkan.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, mengatakan, tradisi ini harus terus dilestarikan oleh seluruh masyarakat Bangkinang. Selain menyampaikan doa, tradisi ini juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Kabupaten Kampar.

"Ziarah kubur ini sudah tradisi turun temurun dan perlu terus dilanjutkan. Selain berkumpul dengan keluarga juga menjadi ajang silaturahmi masyarakat Kampar," kata Gubri.

Pada kesempatan ini, Gubernur menyatakan bahwa tradisi ziarah kubur akan dijadikan sebagai salah satu iven Pariwisata Riau.

"Dalam setiap kegiatan hari raya enam di Muara Uwai ini ribuan orang hadir. Tentu bisa menjadi salah satu penarik wisatawan, termasuk wisatawan manca negara," kata Gubri.*/saf


 
Berita Terbaru >>
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
Farida: Biar Saya Saja yang Dipenjara, Saya tak Mampu Bayar Uang Sekolah Anak
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Fraksi Terhadap LKPj Kepala Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com