Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Empat Bangunan Cagar Budaya Siak Disurvey untuk Direstorasi
Kamis, 13/07/2017 - 22:57:10 WIB
  Istana Siak salah satu okjek wisata di Siak
 

SIAK - Sebanyak 4 bangunan cagar budaya yang ada di Kabupaten Siak di restorasi Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACB), untuk mempertahankan bangunan bersejarah di negri tersebut, berdasarkan SK Menteri Kebudayaan & Pariwisata.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Permukiman Kabupaten Siak, Ir Irving Kahar ME, mengatakan tim TACB yang dibentuk berdasarkan SK Presiden ini melakukan survey sejak tanggal 12 sampai 14 Juli mendatang. Survey dilakukan pada tiga daerah di Indonesia, masing-masing Kabupaten Siak, Kota Malang, dan Kabupaten Surakarta.

Saat ini Tim Ahli Cagar Budaya Nasional (TACB) sedang melakukan survey perencanaan teknis bangunan gedung cagar budaya. Hal ini semakin memperkuat Negeri Istana sebagai kota pusaka  dan juga mengharumkan nama Riau.

"Survey ini adalah awal penjaringan lokasi perencanaan teknis bangunan gedung cagar budaya yang dilakukan TACBN," ungkap Irving, Kamis (13/7/2017).

Tindak lanjut dari survey awal ini, kata Irving, akan dilakukan penilaian untuk memilih hanya satu bangunan gedung cagar budaya di salah satu kab/kota untuk selanjutnya disusun dokumen perencanaan teknisnya di tahun 2017 ini.

Irving menjelaskan, Kabupaten Siak terdapat 13 bangunan cagar budaya yang terdaftar secara nasional, hal ini sesuai dengan SK Kemenbudpar no KM.13/PW.007/MKP/2004, sebanyak 9 bangunan cagar budaya skala nasional. Selain ada juga berdasarakan SK Menteri Kebudayaan dan Pariwisata no PM.87/PW.007/MKP/2011, sebanyak 4 bangunan cagar budaya.

"Perjuangan untuk mencapai Kota Pusaka ini juga berkat kordinasi dan kerja sama dengan Satuan Kerja Penataan Bangunan Lingkungan yang ada di Provinsi Riau," ucap Irving.

Sementara itu Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, mengatakan kerja sama semua pihak sangat diharapkan siak yang sudah termasuk jaringan kota pusaka yang ada di Indonesia memiliki peluang bangunan cagar budayannya untuk di restorasi.**/ril

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com