Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Rahasia di Balik Busana Keluarga Kerajaan Inggris
Jumat, 21/07/2017 - 08:39:19 WIB
  Keluarga kerajaan Inggris
 

LONDON - Menjadi bangsawan kerajaan Inggris berarti harus patuh pada berbagai aturan yang sudah turun temurun dijalankan dan tak bisa diubah seenaknya, bahkan oleh Ratu sendiri. Termasuk diantaranya adalah aturan berbusana.

Banyak aturan tentang apa yang harus dikenakan bangsawan saat melakukan tugas publik. Mereka harus berpenampilan rapi, sopan, dan tentunya elegan. Dari celana pendek Pangeran George sampai busana krem Pangerang William, tersimpan pesan yang ingin disampaikan.

Mengapa George selalu mengenakan celana pendek?

Dengan senyumnya yang lucu, menggemaskan dan gaya busana stylish, George berhasil memenangkan hati ribuan penggemar di seluruh dunia. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa dia selalu mengenakan celana pendek? Putra sulung pasangan Pangeran William dan Kate Middleton ini jarang terlihat memakai celana panjang atau celana jengki (dungarees).

Menurut ahli etiket William Hanson, ada alasan yang sangat sombong di balik busana pangeran kecil tersebut. Hanson mengklaim bahwa celana pendek pada anak laki-laki adalah penanda kelas atas Inggris. Celana panjang dianggap busana masyarakat “pinggiran kota”—sesuatu yang tidak perlu dihargai oleh kerajaan.

Dia mengatakan kepada The Sun Online, “Duchess of Cambridge (Catherine Middleton atau Kate) bukan saja perlu memperhatikan busana yang dipakainya sendiri tapi busana anak-anak mereka juga harus sesuai.”

Hanson menambahkan, Kate harus menemukan keseimbangan antara tradisi kerajaan, warisan dan kebiasaan proletariat lainnya, seperti kebiasaan masyarakat ’pinggiran kota' yang mengenakan celana panjang untu anak laki-laki.

Selain itu, dress code tersebut juga berkaitan dengan sejarah, di mana celana pendek dulu hanya untuk anak laki-laki dan celana panjang untuk pria dewasa. Oleh karena itu, kemungkinan George akan mulai mengenakan celana panjang sekitar usia tujuh atau delapan tahun.

Kenapa Ratu Inggris selalu mengenakan sarung tangan

Ratu Elizabeth II dari Inggris sangat jarang terlihat tanpa mengenakan sarung tangan. Dia biasa menggunakan sarung tangan putih atau berwarna senada dengan tas tangannya.

Ratu Inggris perlu mengenakan sarung tangan karena ia berjabat tangan dengan ratusan orang setiap hari. Sarung tangan pun dianggap salah satu cara untuk mencegah penyebaran kuman saat bersalaman dengan banyak orang.

Mengapa Pangeran William suka memakai chinos?

Duke dan Duchess of Cambridge harus mematuhi dress code saat mereka berada di luar untuk acara formal, bahkan informal. Untuk perempuan, gaun sederhana atau trousers teamed dengan blazer sudah cukup pas, sementara untuk pria memilih kemeja berkerah dengan celana chino berbahan katun.

William sendiri sering terlihat dengan celana kasual, namun tak jarang juga mengenakan jeans. Ahli etiket Grant Harrold, yang dikenal sebagai The Royal Butler, mengatakan kepada BBC, "Banyak tempat tidak mengizinkan jeans karena mereka masih terlihat sangat santai, jadi lebih baik bermain aman untuk memilih yang bisa memadukan keduanya (chinos)."

Mengapa Kate mengenakan perhiasaan kerajaan

Sebelum pernikahannya, Duchess of Cambridge tidak terlihat di depan umum mengenakan mahkota atau tiara. Hiasan kepala yang cukup glamor ini biasanya diperuntukkan bagi wanita yang sudah menikah.

Mahkota secara tradisional dipakai pada acara formal, dan digunakan sebagai "penanda status".

"Aturan lama adalah bahwa topi tidak pernah dipakai di dalam rumah setelah jam 6 sore, maka saat itulah para wanita mengganti gaun dan mengenakan mahkota atau perhiasaan keluarga saat keluar," kata Harold.

Dia menambahkan, bagi wanita yang sudah menikah itu adalah tanda status dan menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki suami dan tidak sedang mencari suami. Para pria juga tidak akan mendekati wanita yang memakai tiara.

Mengapa Ratu Inggris selalu mengenakan busana dengan warna cerah?

Ratu Inggris jarang mengenakan busana berwarna gelap. Padanan busana berwarna cerah sang Ratu adalah topi berwarna senada dan perhiasan. Dia sering memakai satu warna cerah, dari pink dan kuning hingga hijau dan biru, dari kepala sampai kaki.

Hal ini disebut untuk memastikan dia menjadi daya tarik tersendiri di setiap kesempatan dan dapat dengan mudah dilihat oleh penggemar. Dia juga pernah mengatakan: "Jika saya memakai krem, tidak ada yang tahu siapa saya." ***

Sumber: Kompas.com

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com