Jum'at, 19 April 2019
Follow:
Home
Wakil Bupati Siak Panen Ikan Patin di Mempura
Jumat, 21/07/2017 - 16:52:45 WIB
 
 

SIAK-  Wakil Bupati Siak Alfedri melakukan panen ikan patin di kolam kelompok Tuah Agung milik Ali Munir, didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) kabupaten Siak Susilawati, Camat Mempura OK Muhammad Rendra, di Tanjung Agung Kecamatan Mempura.

"Saya senang di undang untuk memanen ikan di kolam ini, saya jadi teringat waktu di kampung dulu. Selain bertani saya juga punya kolam ikan dan membuat pakan ikan bersama keluarga," ujar Alfedri.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan produksi ikan, melalui budidaya dan ikan hasil tangkapan di Sungai Siak yaknin Selat Dalam Kecamatan Sungai Apit.

Produksi ikan budidaya tersebut mencapai 1.850 ton/tahun, sedangkan ikan hasil tangkap mencapai 2.850 ton pertahun, jadi totalnya lebih kurang 4.700 ton pertahunnya. 

"Pemerintah terus mendorong untuk peningkatan produksi ikan dalam rangka swasembada pangan selain padi, jagung, daging sapi dan lain-lain. Selain itu, sejak enam tahun yang lalu, kami juga telah mengajak para nelayan untuk beralih menjadi pembudidaya ikan," terangnya.

Selain itu, pihaknya melalui dinas terkait telah mengucurkan bantuan berupa bibit ikan, yang diberikan pada kelompok budidaya ikan (Pokdakan) keseluruh kecamatan. Semua kecamatan di kabupaten Siak sudah mulai menjalankan program budidaya ikan yang sejalan dengan program pemerintah pusat.

Untuk kelompok Tuah Agung ini telah mendapatkan bantuan berupa mesin pembuat pakan (pelet) dari provinsi. Selanjutnya bantuan dari CSR BSP pada tahun 2015 berupa benih ikan dan pakan serta mesin robin penyedot air dari pemkab Siak.**/ril

 
Berita Terbaru >>
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian

Sejarah untuk Riau, KLHK Beri Hutan Pendidikan untuk Unilak
Truk ODOL Sebabkan Jalan di Riau Banyak Rusak
Berkeliaran di Bawah Jembatan Siak II, Seekor Buaya Berhasil Dievakuasi
Terlibat Korupsi, 19 ASN Kabupaten Kampar Dipecat Selama Tahun 2018
Penyanyi dan Musisi Mus Mulyadi Tutup Usia
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com