Selasa, 19 Maret 2019
Follow:
Home
Finalis Putri Indonesia Asal Riau Raih Kostum Terbaik I
Minggu, 20/08/2017 - 09:31:02 WIB
  Yessy Oktavia Dewi, finalis putri indonesia asal Riau (Foto oleh Hartono/El Jhon)  

JAKARTA - Yessy Oktavia Dewi, finalis putri Indonesia asal Riau, terpilih sebagai juara I (satu) kostum terbaik dari 6 finalis yaitu Riau, Jawa barat, Jawa tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatra Utara dan Bangka Belitung, yang pada saat ini sedang mengikuti kegiatan sebagai finalis Putri Indonesia 2017.

Saat ini Yessy begitu panggilan akrabnya, sedang menjalani masa karantina selama 15 hari, yakni sejak 12 Agustus lalu hingga 26 Agustus 2017 mendatang, di HoteI Ibis Budget, Jakarta.

Putri kelahiran Pasir Pengaraian kabupaten Rokan Hulu provinsi Riau 26 tahun lalu itu, yang masih aktif sebagai mahasiswi S1 fakultas Hukum di universitas Islam Riau mengatakan, kostum yang digunakannya menaja tema "Tekat Sri Buantan".

"Rancangan baju ini merupakan dimensi baru dari pemakaian kerajinan tekat Riau yang kaya akan motif dan bentuk dimana selama ini kerajinan tekat hanya dapat dilihat dalam dimensi terbatas seperti hiasan pelaminan melayu," kata Yessy.

Keindahan kerajinan tekat ini diaplikasikan dalam sebuah rancangan busana yang mendapat sentuhan kekinian. Paduan motif tekat seperti motif payung sekaki dan pucuk rebung bersanding dengan dasar brokat bermotif melayu bernama kaluk paku," jelasnya.

Masih kata Yessy, keindahan motif tekat melayu riau ini dipadukan dengan kain tenunan asli Riau. Menggabungkan motif tenun seperti belah wajit, tampuk manggis dan pucuk rebung menghasilkan rancangan etnik yang kental dengan nuansa melayu namun tampil elegan dengan potongan kebaya panjang.

Riasan kepala yang dikenakan Yessy, memakai ukiran selembayug sebagaimana lazim dipakai sebagai identitas bangunan-bangunan besar di tanah melayu. Dengan ornamen sunting melayu 5 (lima) tingkat dan penutup dahi yang disebut ketam dahi melambangkan keelokan budi dan kesantunan dara2 melayu.

Selanjutnya, dibagian belakang juga memakai salah satu jenis siput atau sanggul khas melayu yg sudah jarang dijumpai yaitu siput kucing tidur.

Penyelenggaraan Putri Pariwisata yang ke-10 ini mengusung tema "Enjoying Indonesia's Wonderful Culinary". Dengan menggunakan tema tersebut, diharapkan kuliner Indonesia dapat lebih tersosialisasikan.***/rilis

 
Berita Terbaru >>
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com