Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Pemerintah China Blokir Whatsapp
Selasa, 26/09/2017 - 10:53:17 WIB
 
 

BEIJING - China akhirnya benar-benar memblokir Whatsapp. Facebook kini sama sekali tak punya gigi di daratan China, sebab Whatsapp adalah aplikasi terakhir perusahaan asal Amerika Serikat itu disana.

Sebelumnya, pemerintah China sejak 2009 sudah memblokir Facebook. Kebijakan ini membuat aplikasi media sosial lokal Weibo menjadi populer. Instagram juga tak diberi tempat oleh pemerintah China.

Belakangan, pemerintah China mulai memblokir sebagian fitur Whatsapp disana. Pengguna kesulitan mengakses foto dan video. Namun kali ini, pemerintah China benar-benar membendung aplikasi tersebut.

Pemerintah China sedang meningkatkan firewall miliknya untuk mendeteksi dan memblokir protokol yang digunakan Whatsapp untuk mengirim teks. Sebelumnya, China juga sudah memperkuat firewallnya dengan kode untuk memblokir foto dan video Whatsapp. Demikian disampaikan Nadim Kobeissi, kriptografer di perusahaan penelitian asal Paris, seperti dikutip dari The New York Times.

Sementara itu, Facebook sendiri sebenarnya membutuhkan China untuk terus menumbuhkan usaha mereka. Sebab, milyaran penduduk China-lah yang belum ditundukkan oleh perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg sendiri dikabarkan tengah belajar intensif bahasa Mandarin.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan disana lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp.**/CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com