Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Pemerintah China Blokir Whatsapp
Selasa, 26/09/2017 - 10:53:17 WIB
 
 

BEIJING - China akhirnya benar-benar memblokir Whatsapp. Facebook kini sama sekali tak punya gigi di daratan China, sebab Whatsapp adalah aplikasi terakhir perusahaan asal Amerika Serikat itu disana.

Sebelumnya, pemerintah China sejak 2009 sudah memblokir Facebook. Kebijakan ini membuat aplikasi media sosial lokal Weibo menjadi populer. Instagram juga tak diberi tempat oleh pemerintah China.

Belakangan, pemerintah China mulai memblokir sebagian fitur Whatsapp disana. Pengguna kesulitan mengakses foto dan video. Namun kali ini, pemerintah China benar-benar membendung aplikasi tersebut.

Pemerintah China sedang meningkatkan firewall miliknya untuk mendeteksi dan memblokir protokol yang digunakan Whatsapp untuk mengirim teks. Sebelumnya, China juga sudah memperkuat firewallnya dengan kode untuk memblokir foto dan video Whatsapp. Demikian disampaikan Nadim Kobeissi, kriptografer di perusahaan penelitian asal Paris, seperti dikutip dari The New York Times.

Sementara itu, Facebook sendiri sebenarnya membutuhkan China untuk terus menumbuhkan usaha mereka. Sebab, milyaran penduduk China-lah yang belum ditundukkan oleh perusahaan tersebut. Mark Zuckerberg sendiri dikabarkan tengah belajar intensif bahasa Mandarin.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan disana lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp.**/CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com