Senin, 17 Juni 2019
Follow:
Home
Ternyata Buah Pulm Mampu Kuatkan Tulang
Minggu, 01/10/2017 - 16:01:35 WIB
 
 

TAK suka susu atau keju? tak perlu pusing untuk sumber kalsium, karena ternyata bukan hanya susu dan keju, beberapa buah dan sayur didapati memiliki kalsium yang tak kalah baiknya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini akan menambah daftar buah yang dapat Anda konsumsi untuk memperkuat tulang, terlebih bagi Anda yang kerap terpapar radiasi tinggi.

Periset dari Texas A & M University melakukan percobaan pada tikus dan memberikan empat jenis perawatan, yaitu campuran antioksidan, asam dihidrolipoat (asam yang memiliki sifat antioksidan), ibuprofen, atau bubuk yang terbuat dari plum. Kemudian, mereka mengekspos tikus tersebut ke radiasi pengion dan membandingkan hasilnya.

Dari berbagai jenis perawatan, asupan plum kering didapati paling efektif untuk mencegah kerusakan tulang akibat radiasi pada tikus. Bahkan tikus yang tidak terkena radiasi namun telah mengonsumsi plum menunjukkan tulang yang lebih kuat sebesar 20 persen, kata periset.

Meskipun belum diketahui pasti kaitan yang sesungguhnya, para periset berspekulasi bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh campuran polifenol buah, yang memiliki tingkat antioksidan dan anti-inflamasi yang tinggi.

Temuan ini bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang selalu terpapar radiasi, seperti pengobatan radioterapi atau astronot. Namun, tidak ada ruginya untuk menambahkan plum kering dalam makanan sehari-hari, kata Nancy Turner, peneliti utama studi.

Sebelumnya, plum lebih populer sebagai obat pencahar alami. Namun kini, plum juga didapati memiliki kekuatan super lainnya.

"Banyak orang memiliki konotasi negatif akan plum karena kinerja pencahar," kata Turner. "Sebab belum banyak yang menyadari bahwa plum bukan hanya buah yang segar, namun juga memiliki banyak manfaat kesehatan."

Untuk kesehatan tulang yang lebih baik, Turner merekomendasikan untuk mengonsumsi kira-kira 2-4 buah plum kering yang dimakan secara bertahap sepanjang hari.**

Sumber: Kompas.Com

 
Berita Terbaru >>
Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis Tersandung Kasus Hukum
Dua Polisi Gadungan Perkosa Gadis di Depan Pacarnya, Terjadi di Rokan Hulu
Jabatan Maruf di BUMN Diyakini Bisa Mendiskualifikasi 01
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com