Rabu, 26 Juni 2019
Follow:
Home
Ada Enam Jenis Teh untuk Membantu Menurunkan Berat Badan
Sabtu, 14/10/2017 - 08:06:47 WIB
 
 

MENYERUPUT secangkir teh diketahui dapat membantu menjaga kesehatan tubuh sampai menurunkan berat badan. Spesialis teh DAVIDsTEA, Billy Dietz dan Kristina Richens, serta Lisa Eberly-Mastela memberikan beberapa pengetahuan tentang teh terbaik yang dapat membantu diet seseorang.

Meski bukan menjadi resep dari dokter, teh terbukti secara alamiah memiliki manfaat untuk membantu tubuh untuk bekerja sebaik mungkin. Eberly-Mastela mencatat bahwa teh dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sehingga penurunan berat badan jadi lebih mudah.

Beberapa ahli tersebut memilih beberapa hal yang dapat diperhatikan bagi seseorang yang tengah melakukan diet, seperti jenis teh dan bahan khusus yang dapat ditambahkan dalam teh.

Teh Hijau dan Matcha

Richens menyatakan bahwa jenis teh ini terkanl untuk meningkatkan metabolisme. Dilansir Pop Sugar,  dalam sebuah studi yang diterbikan American Journal for Clinical Nutrinion, teh hijau memang dapat meningkatkan oksidasi lemak. Matcha juga dapat memberhentikan perkembangan sel lemak baru.

"Ini disebabkan antioksidan katekin yang ditemukan dalam teh hijau," ujar Richens. "Ini memicu pelepasan lemak dari sel lemak dan juga membantu mempercepat kemampuan hati untuk mengubah lemak menjadi energi."

Dandelion

Teh bunga ini dapat membantu kelebihan berat air. Akarnya juga terkenal sebagai pusat yang menghasilkan manfaat kesehatan dalam obat naturopati dan homeopati. Dandelion pertama kali digunakan oleh dokter asal Arab pada abad ke-10 untuk menghilangkan gangguan pencernaan.

Oolong

Setelah dipelajari, teh dari oolong ini terbukti dapat menjadi cara ampuh untuk membantu penderita obesitas menurunkan berat badan. Dietz merekomendasikan oolong untuk meningkatkan metabolisme.

Pu'erh

Variasi fermentasi dari China ini terbuksi sebagai penguat metabolisme yang ampuh. "Jika Anda sedikit lapar tapi tak bisa makan banyak, pu'erh yang halus dapat membantu menahan rasa lapar Anda!" ungkap Dietz.

Teh Putih

Serupa dengan teh hijau, teh putih ini dapat menghentikan pembentukan sel lemak baru. Penemuan yang telah dipelajari dan dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Metabolism ini, terbukti dapat membantu menurunkan berat bedan.

Teh Hitam

Teh ini cocok untuk diminum sebelum berolahraga. Memiliki kandungan kafein yang tinggi ini dapat meningkatkan energi sehingga mendukung penurunan berat badan. Energi yang tinggi dapat menghasilkan banyak gerakan sehingga pembakaran kalori pun lebih efektif.

Teh kerap dikonsumsi dengan kandungan bahan khusus lainnya. Beberapa di antara bahan tambahan tersebut juga dapat menjadi andalan buat yang ingin menurunkan berat badan, seperti kayu manis, peppermint dan daun herbal.

Kayu Manis

Sebatang kayu manis dapat menekan nafsu makan dan menurunkan kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah dapat mempengaruhi produksi insulin tubuh yang berpotensi untuk menyimpan lemak. Bila kadar gula darah normal, tubuh tidak akan langsung menyimpan lemak.

Peppermint

Peppermint juga dapat membantu menahan nafsu makan sehingga membantu penurunan berat badan. Dietz merekomendasikan campuran mint apel, adas, jahe, dan peppermint pada produk DAVIDsTEA Le Digestif. Selain itu, Lipton juga membuat campuran 'Soothe Your Tummy' yang mengandung jahe, adas, dan peppermint.

Daun dan Herbal

Richens menyarankan untuk mencari bahan-bahan daun dan herbal untuk dicampur dalam secangkir teh. Salah satunya, daun gymnema yang berguna untuk menghancurkan gula dalam pengobatan Ayurvedic.

Daun ini dapat mengurangi hasrat untuk mengonsumsi makanan manis. Selain itu, daun pisang yang memiliki senyawa asam corosolik ini juga dapat membantu pankreas memproduksi insulin. Ia juga menyinggung ramuan populer dalam pengobatan tiongkok dari dedaunan dan herbal untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.***/CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com