Jum'at, 18 Januari 2019
Follow:
Home
Terowongan di Lokasi Uji Nuklir Korut Roboh, 200 Orang Diduga Tewas
Selasa, 31/10/2017 - 20:02:58 WIB
  Lokasi uji coba nuklir Korut pada awal September lalu (AFP PHOTO/JUNG Yeon-Je)
 

PYONGYANG - Sebuah terowongan yang sedang dibangun di lokasi uji coba nuklir Korea Utara (Korut) dilaporkan roboh. Insiden ini terjadi usai uji coba nuklir keenam digelar pada awal September lalu. Diduga lebih dari 200 orang tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir Reuters dan kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap News Agency, Selasa (31/10/2017), informasi tewasnya ratusan orang dalam insiden robohnya terowongan itu baru disampaikan televisi Jepang, TV Asahi hari ini. Laporan tersebut mengutip sejumlah sumber yang memahami situasi itu.

Laporan TV Asahi itu belum bisa dikonfirmasi kebenarannya oleh Reuters.

Namun TV Asahi melaporkan, sekitar 100 pekerja di lokasi uji coba nuklir Punggye-ri terjebak setelah terowongan yang belum selesai dibangun itu roboh. Insiden pertama ini disebut terjadi pada 10 September lalu, atau tujuh hari setelah uji coba nuklir keenam Korut.

Insiden kedua, yang menimpa terowongan yang sama yang terletak di kompleks uji coba nuklir Korut itu, terjadi saat operasi penyelamatan. Diduga kuat korban tewas bertambah hingga melebihi 200 orang.

Para pakar menyebut uji coba nuklir keenam Korut telah membuat area uji coba itu tidak stabil. Serangkaian getaran gempa dan tanah longsor yang terjadi di dekat lokasi uji coba nuklir Korut membuktikan kekhawatiran itu.

Disebutkan juga oleh para pakar bahwa lokasi uji coba nuklir Punggye-ri mungkin tidak akan digunakan lagi untuk uji coba nuklir berikutnya.

Sementara Ketua Badan Prakiraan Cuaca Korsel, Otoritas Meteorologi Korea, Nam Jae-Cheol memperingatkan bahwa uji coba nuklir terbaru Korut berpotensi memicu ambruknya lokasi uji coba yang berada di pegunungan Korut itu dan bahkan yang terburuk, bisa memicu kebocoran radioaktif.**

Sumber: Detik.Com

 
Berita Terbaru >>
Tetap Awet Muda, Ini Rahasia Ira Koesno si Pemandu Debat Capres
Berbeda Pendapat Sebuah Kewajaran, Tapi Tetap Ada Adabnya
Kejati Pimpin Serah Terima Tiga Kejari di Riau
Luhut Binsar Panjaitan Panen Raya dan Bagikan Sertifikat di Siak
Vanessa Angel Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi Online
Aris 'Idol' Ditangkap Karena Penyalahgunaan Narkoba
Kunjungi Siak, Menko Kemaritiman Puji Sikap Patriot Sultan Syarif Kasim II
Pemko Pekanbaru Kembali Agendakan Relokasi PKL Teratai
Mandeh Run 2019 di Surga Wisata Tersembunyi
Dinas PUPR Dumai Hentikan Proyek Tanpa Izin
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com