Senin, 25 Maret 2019
Follow:
Home
Wisata Air Terjun Aek Martua Ditata Ulang agar Diminati Wisatawan
Jumat, 10/11/2017 - 05:27:06 WIB
 
 

ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Rohul, mulai menata satu persatu objek wisata yang ada di daerah tersebut.

Salah satunya, Air Terjun Aek Martua‎ di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba. Objek wisata alam yang mempesona juga wisata andalan Kabupaten Rohul ini ditata, agar bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung.

Penataan antara lain dengan dilakukannya perbaikan jalan menuju ke objek wisata Air Terjun Aek Martua oleh Dinas Pemukiman dan Kawasan Pemukiman (PKP) Rohul‎.

Air Terjun Aek Martua merupakan salah satu objek wisata alam unggulan di Kabupaten Rohul. Nama Aek Martua diambil dari bahasa  daerah satu di antara suku di Riau, yaitu suku Mandailing yang bermakna 'Air Bertuah'

Diakui Kepala Disparbud Rohul Drs. Yusmar M.Si, sebelumnya untuk sampai ke Air Terjun Aek Martua pengunjung harus berjalan kaki hingga sekira 2 kilometer.

Sejak jalan diperbaiki‎ oleh Dinas PKP Rohul, pengunjung bisa membawa kendaraan sampai lokasi parkira sementara yang disediakan, hanya berjalan sekira 400 meter sampai 500 meter ke air terjun.

Tetapi mobil memang belum bisa masuk ke kawasan Air Terjun Aek Martua, karena jembatan yang membelah hulu Sungai Batang Lubuh masih jembatan gantung. Namun mobil bisa diparkir di rumah warga Tangun.

Dari parkiran kendaraan, pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang sedang tahap perbaikan dan langsung ke Air Terjun Aek Martua, tidak lagi menuruni jalan terjal dan sesekali merangkak memegang akar pohon seperti sebelumnya.

Kini, meski lelah karena menapaki jalan menurun dan menanjak, namun pengunjung akan dimanjakan dengan pohon-pohon yang tumbuh liar di kawasan hutan.

Yusmar juga mengatakan, dirinya bersama pegawai dan pihak Kecamatan Bangun Purba‎ sudah meninjau langsung objek wisata Air Terjun Aek Martua, mengendarai sepeda motor.

Objek wisata Air Terjun Aek Martua dibagi dalam tiga tingkatan, Arda 1, Arda 2, dan Arda 3. Suara jatuhnya air membuat suasana alam semakin jelas. Selain udara yang sejuk, air di kawasan ini juga dingin.

"Dengan diperbaikinya akses menuju Air Terjun Aek Martua, maka tidak lagi sejauh dulu," ungkap Yusmar.

Sebutnya lagi, itu luar biasa. Karena sebut Yusmar, dirinya sudah membuktikan bahwa saat ini perjalanan menuju Air Terjun Aek Martua yang dulunya jauh sekarang semakin dekat. Waktu tempuh semakin pendek.**/MC


 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com