Minggu, 24 Maret 2019
Follow:
Home
23 Orang Tewas Dalam Ledakan Bom Mobil di Pasar Irak
Rabu, 22/11/2017 - 04:14:50 WIB
 
 

IRAK - Sedikitnya 23 orang tewas dalam sebuah ledakan bom mobil yang terjadi di pasar buah dan sayur di kawasan utara Irak. Sementara 60 orang lainnya luka-luka.

Dilansir dari BBC, jumlah korban tewas kemungkinan besar akan bertambah seiring luka parah yang mereka derita. Peristiwa itu terjadi di kota Tuz Khurmatu, sekitar 160 km di utara Baghdad.

Tuz Khurmatu merupakan kota dengan populasi campuran etnis Kurdi, Arab, dan keturunan Turkmenistan (Turkmen). Kota ini merupakan wilayah sengketa antara Irak dengan Kurdi.

Kota ini juga menjadi saksi bisu terjadinya bentrokan maut antara pasukan propemerintah Irak dengan militan Kurdi Peshmerga.

Belum ada kelompok yang mengklaim serangan tersebut. Namun, insiden itu mirip dengan serangkaian serangan yang dilakukan ISIS.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi menyatakan dia nyaris mendeklarasikan kemenangan militer melawan kelompok militan Sunni. Deklarasi kemenangan itu rencananya diumumkan setelah pasukan propemerintah berhasil mengambilalih kota terakhir yang dikuasai kelompok militan pada pekan lalu.

Namun, dia mengingatkan ketidaksepakatan politik akan memberi jalan bagi ISIS untuk terus meluncurkan serangan.

Abadi telah memerintahkan pihak militer untuk merebut wilayah kota yang dikuasai militan Kurdi sejak 2014- saat ISIS mulai mulai menyebar di kawasan Irak utara- setelah wilayah otonomi Kurdi menggelar referendum kemerdekaan pada akhir September.

Sementara itu, anggota parlemen Turkmen Niazi Maamar Oglu mengatakan sudah bertahun-tahun tidak melihat serangan mematikan seperti ini. Kepala Keamanan Provinsi Salahuddin, Mehdi Taqi mengatakan masih ada beberapa lokasi yang disinyalir menjadi tempat persembunyian militan ISIS di Tuz Khurmatu.***

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com