Selasa, 23 Oktober 2018
Follow:
Home
20 Jenis Lauk dan Sayuran untuk Penderita Asam Urat
Sabtu, 06/01/2018 - 09:17:02 WIB
 
 

PEKANBARU - Asam urat merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh dan bisa mengalami peningkatan atau penurunan kadarnya. Jika kadarnya masih dalam kondisi normal tentunya tidak akan membahayakan, namun jika kadar asam urat sudah meninggi tentu akan cukup membahayakan pada tubuh.

Tingginya kadar asam urat terjadi karena penumpukan kadar purin dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan berbagai macam hal, salah satunya adalah karena faktor makanan.

Setiap makanan yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh tentunya memiliki kandungan yang berbeda-beda, sehingga tidak semuanya dinilai baik. Ada saja makanan yang memiliki kandungan purin tinggi dan kandungan lainnya yang bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Namun ada juga makanan yang sangat baik bahkan sangat dianjurkan bagi penderita asam urat. Berikut 20 lauk dan sayuran untuk penderita asam urat:

1. Belut

Belut adalah jenis ikan yang sering ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Belut adalah salah satu jenis ikan yang sangat direkomendasikan oleh para penderita asam urat. Belut mempunyai kandungan purin sangat rendah, sehingga tidak berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita asam urat.

2. Makarel/Tenggiri

Jenis ikan lainnya yang baik untuk penderita asam urat dan bisa menjadi lauk adalah Makerel. Jenis ikan laut yang biasa disebut dengan ikan kembung atau ikan tenggiri. Kandungan pada ikan makarel adalah Omega 3, makarel juga memiliki kandungan purin rendah. Anda bisa mengolahnya dengan cara digoreng.

3. Ikan Kod

Ikan kod adalah jenis ikan yang bisa hidup di perairan bebas. Ikan yang kaya akan omega 3 dan vitamin. Ikan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Kandungan purin yang rendah tidak terlalu berbahaya bagi penderita asam urat, namun tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar.

Untuk menjaga agar kadar sodiumnya rendah, Anda dianjurkan jangan menggoreng ikan kod. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibakar atau dikukus.

4. Ikan Litipia/Nila

Ikan litipia atau dikenal juga dengan nama ikan nila adalah ikan yang bisa konsumsi oleh Anda yang menderita asam urat. Jenis ikan ini biasanya hidup di air tawar.

Jika Anda ingin mengkonsumsinya sebaiknya hindari mengolah ikan dengan cara digoreng dan mencampurkan garam terlalu banyak. Untuk gantinya Anda bisa coba mengkonsumsinya dengan cara dibakar atau dikukus.

5. Ikan Carp/Mas

Ikan carp atau dikenal juga dengan nama ikan mas merupakan salah satu ikan yang cukup disukai oleh banyak orang. Ikan ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda penderita asam urat.

6. Ikan Sembilang

Ikan sembilang atau dikenal juga dengan nama lele laut adalah rekomendasi ikan laut yang bisa Anda konsumsi jika menderita asam urat. Ikan ini sudah banyak dikenal karena mempunyai khasiat yang baik untuk tubuh. Saat mengkonsumsi ikan ini Anda harus lebih memperhatikan kandungan sodium dan lemaknya.

7. Jagung

Jagung merupakan jenis tanaman yang cukup banyak dibudidayakan. Selain kaya akan karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi yang bisa memberikan manfaat sangat baik untuk kesehatan. Salah satu kandungannya adalah kalium yang bisa membantu menjaga kadar cairan tubuh, sehingga organ tubuh bisa berfungsi baik. Selain itu kandungan kaliumnya dinilai memiliki sifat diuretik, sehingga bisa membantu dalam mengeluarkan urin dan bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Ikan Kakap Merah

Jenis ikan kakap merah adalah ikan yang dapat menjadi menu variasi untuk penderita asam urat. Ikan jenis ini sangat familiar diantara para pecinta kuliner. Anda bisa mengolahnya dengan cara di filet dan menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis di atasnya.

9. Ikan Pike-Perch

Ikan yang satu ini memang salah satu jenis ikan yang tidak familiar. Namun ikan ini bisa menjadi rekomendasi menu lauk pauk bagi Anda yang menderita asam urat. Anda bisa mengolahnya sama seperti ikan kakap, yaitu dengan cara difillet dan manambahkan perasan lemon atau jeruk nipis di atasnya.

10. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang banyak digemari oleh orang-orang. Brokoli juga dipercaya sebagai salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara dimasak ataupun memakannya langsung dengan mentah karena tidak akan mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Beberapa kandungan gizi yang ada dalam sayuran ini diantaranya kalsium, kromium, vitamin A, vitamin C dan karbohidrat. Manfaat penting dari sayuran ini diantaranya: bisa mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker usus, bisa menjadi serum sebagai anti penuaan, menjaga kekebalan tubuh, dan manfaat yang paling penting tentunya bisa mencegah masuknya purin yang bisa menyebabkan asam urat.

11. Wortel

Lauk pauk untuk penderita asam urat selanjutnya yang sangat baik dikonsumsi adalah wortel. Wortel dinilai sangat baik dikonsumsi karena tidak mempunyai kandungan purin tinggi. Kandungan paling utama yang ada pada sayuran ini yaitu Vitamin A, vitamin K, magnesium, folat dan juga serat yang bisa digunakan untuk terapi penurunan kadar asam urat yang ada di dalam darah.

12. Kentang

Kentang juga merupakan sayuran yang bisa membantu Anda mengurangi beberapa gejala yang timbul karena asam urat, sehingga kentang cukup ideal dikonsumsi untuk penderita asam urat. Kentang rebus mempunyai manfat lebih baik dibandingkan kentang goreng sebab kandungan lemak dan kalorinya menjadi lebih rendah. Kentang memiliki beberapa kandungan diantaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin B, vitamin C dan serta yang cukup tinggi.

13. Kacang Panjang Perancis

Kacang panjang adalah sayuran yang mempunyai kandungan gizi tinggi seperti asam folat, serat alami, vitamin C, kalium, riboflavin, thiamin dan juga magnesium. Meskipun tidak mempunyai manfaat yang spesifik namun kacang panjang cukup aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat sebab kandungan purin di dalam kacang panjang cukup rendah. Selain mengolahnya menjadi masakan, kacang panjang prancis juga bisa dikonsumsi menjadi jus.

14. Sawi Hijau

Sawi merupakan golongan sayuran yang mempunyai peran sebagai anti inflamasi dan sebagai sayur untuk penderita asam urat. Sawi sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi dan penderita asam urat.

Kandungan utama pada sayuran ini adalah vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin B, kalium, zat besi beta karoten, kalsium, fosfor, zat besi dan serta yang cukup tinggi. Kandungan yang terdapat pada sawi tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol saja. Sawi juga bermanfaat untuk mencegah kanker dan melancarkan pencernaan.

15. Sawi Putih

Jenis sawi putih hampir mempunyai kandungan yang sama penting seperti pada sawi hijau. Sawi putih bisa bermanfaat untuk menghindari resiko kardiovaskuler dan mencegah terjadinya radikal bebas yang berlebihan. Sawi mempunyai kandungan fitonutrient yang mampu menurunkan kadar asam urat dengan cara membantu sistem ekskresi agar lebih lancar.

16. Lobak

Lobak adalah sayuran yang mempunyai sifat diuretik kuat sehingga bisa merangsang ginjal agar dapat memproduksi purin lebih banyak. Fungsi dari lobak tentunya bisa membantu untuk mengeluarkan zat asam urat yang berlebihan. Lobak mempunyai kandungan enzim yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan usus. Selain bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, lobak juga bisa berfungsi sebagai pencegah diabetes dan mencegah terjadinya penyakit ginjal.

17. Labu Kuning

Sayuran lain yang bermanfaat untuk asam urat adalah labu kuning. Saat diolah menjadi masakan tentunya labu kuning akan menghasilkan rasa yang enak, selain itu juga akan memberikan khasiat penting salah satunya sudah jelas bisa menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah.

18. Daun Serai

Daun serai adalah daun yang biasanya digunakan untuk penyedap rasa pada masakan. Salah satu manfaat daun serai yaitu bisa menjadi anti inflasi sehingga dapat mengurangi kadar asam urat. Daun serai juga bisa mengatasi keluhan radang saluran kemih, meningkatkan kinerja ginjal. Sifat antiseptik yang terdapat pada daun serai juga bisa membersihkan infeksi jamur, bakteri dan darah yang sudah tercampur dengan limbah asam urat.

19. Pare

Pare merupakan sayuran yang mempunyai rasa pahit. Namun ternyata pare memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pare bisa membantu meningkatkan produksi pada sel beta di pankreas, mengobati diabetes, mencegah obesitas dan bisa membantu meredakan pembengkakan sendi karena asam urat.

20. Mentimun

Jenis lauk pauk untuk penderita asam urat yang terakhir dan baik untuk dikonsumsi adalah mentimun. Selain baik untuk asam urat, mentimun juga dinilai sangat baik untuk bisa menurunkan kolesterol. Mentimun mempunyai kandungan nutrisi yang diyakini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Didalam mentimun juga terdapat senyawa sterol yang bisa membantu kadar kolesterol, ada juga kandungan silica yang bisa menguatkan jaringan ikat sehingga mampu menyehatkan persendian. ***/zie/int

 
Berita Terbaru >>
Masa Penahanan Ratna Sarumpaet Diperpanjang
Rampok Bersenpi Rampok Uang Ujang Rp500 di Kuansing
Berteriak, Gadis di Pelalawan Ini Selamat dari Percobaan Perkosaan
Cabuli Anak Tiri,‎ Seorang Petani di Desa Suka Maju Rohul Diltangkap Polisi
Cuek Pada Berita negatif, Cara David Beckham Jaga Pernikahannya
Hujan Meteor Bisa Disaksikan Dinihari Nanti di Langit Indonesia
Keutamaan Puasa Sunah Ayyamul Bidh
Hari Ini Sejumlah Wilayah di Riau Hujan dan Angin Kencang
Jalani Rute Ditengah Gerimis, Peserta Sepeda Nusantara Tetap Semangat
Ayi Ditemukan Tewas Gantung Diri di Pohon Kelapa di inhil
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com