Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Hari Ini Pendaftaran Pilkada di 171 Daerah Dimulai
Senin, 08/01/2018 - 07:59:58 WIB
  Foto ilustrasi/int
 

JAKARTA - Hari ini, Senin (8/1/2018) merupakan awal dimulainya pendaftaran bakal pasangan calon dalam Pilkada Serentak di 171 daerah. Pendaftaran selama 3 hari, sampai 10 Januari 2018.

"KPU beserta seluruh jajarannya telah siap melaksanakan tahapan pencalonan," kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Minggu (7/1/2018) malam.

Dalam pendaftaran, setiap bakal pasangan calon harus membawa empat dokumen persyaratan. Pertama, dokumen B-KWK parpol atau surat pencalonan, dokumen B1-KWK atau keputusan DPP parpol tentang persetujuan pasangan calon, dokumen B2-KWK atau surat pernyataan tentang kesepakatan parpol dalam pencalonan, dan dokumen B3-KWK parpol atau surat pernyataan antara parpol dengan paslon.

Setelah menyerahkan dokumen persyaratan, bakal pasangan calon harus menjalani tahapan selanjutnya yakni pengecekan kesehatan. KPU memberikan waktu bagi pasangan calon menyelesaikan tahapan itu dari tanggal 8-15 Januari dan hasilnya akan disampaikan mulai tanggal 16-17 Januari.

Sehari setelah pengumuman hasil tes kesehatan, KPU akan mempublikasikan hasil pengecekan syarat pasangan calon. Setelah melalui tahapan ini, nantinya akan dijelaskan secara detail apakah pasangan calon itu memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh KPU.

"Jadi kita terukur, misalnya ada pasangan calon yang dianggap memenuhi syarat itu juga jelas karena apa. Apabila ada pasangan yang dianggap tidak memenuhi syarat itu juga alasannya apa," kata Wahyu.

KPU pun tetap memberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk melengkapi persyaratannya. Pasangan calon diberikan waktu selama tiga hari, dari 18-20 Januari, dan akan diumumkan hasil dari perbaikan itu pada 20 Januari.

Namun, KPU masih memberikan waktu jika setelah masa perbaikan pasangan calon masih belum bisa melengkapi syarat pencalonan sampai tanggal 26 Januari. Tepat tanggal 12 Februari KPU akan mengumumkan penetapan bakal pasangan calon menjadi pasangan calon.

Dalam Pilkada Serentak 2018 ini ada 171 daerah yang berpartisipasi. Dari 171 daerah tersebut, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada di 2018.***/ara

Sumber: detik.com

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com