Kamis, 28 Maret 2024
Follow:
Home
Enam Diet Sehat yang Layak Dicoba Tahun 2018
Minggu, 14/Januari/2018 - 15:34:18 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU - Ingin lebih langsing atau lebih sehat? Saatnya memilih program diet yang tepat. Apa saja itu? Baru-baru ini US News & World Report memberikan peringkat diet terbaik tahun 2018.

Dalam menentukan peringkat diet ini, US News meminta bantuan para ahli gizi dan kesehatan. Penilaiannya berdasarkan kemudahan mengikuti diet, kemampuan diet untuk membantu seseorang menurunkan berat badan dalam jangka pendek dan panjang, keamanan, dan hal-hal lainnya.

Peringkat tertinggi sebagai diet terbaik adalah diet DASH dan Mediterania. Sedangkan diet Keto dan Dukan berada di urutan terakhir.

Pelaku diet Keto memangkas karbohidrat dan mengisi lemak untuk membantu tubuh masuk ke dalam keadaan ‘ketosis’, di mana tubuh memecah lemak.

Diet Dukan adalah program pengaturan makanan yang menyarankan pelaku dietnya mengonsumsi banyak protein. Para ahli menilai kedua diet tersebut sebagai hal yang sulit diikuti.

Berikut ini enam peringkat diet terbaik yang layak coba untuk tahun 2018 ini:

1. Diet DASH

Diet DASH dirancang untuk membantu orang menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu rendah lemak.

Pelaku diet ini disarankan untuk menghindari lemak jenuh, minuman manis, permen, susu berlemak, dan beberapa minyak, serta mengurangi garam.

2. Diet Mediterania

Dinamakan diet Mediterania karena programnya mengadopsi kebiasaan makan orang-orang yang tinggal di negara-negara Mediterania.

Mereka yang hidup di sana terbukti memiliki kesehatan yang lebih baik dan berumur panjang. Diet ini adalah tinggi buah dan sayuran, serta makanan berlemak sehat seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

3. Diet Flexitarian

Campuran dari kata fleksibel dan vegetarian, diet ini mendorong orang untuk makan ala vegetarian hampir sepanjang waktu untuk kesehatan yang lebih baik.

Bedanya dengan vegetarian, pelaku diet ini masih diperbolehkan untuk makan daging.

4. Weight Watcher

Diet ini sangat populer sejak dipromosikan oleh selebriti seperti Oprah Winfrey. Diet ini bekerja pada sistem poin, di mana masing-masing makanan diberikan sejumlah poin.

Pelaku diet diberi tahu jumlah yang harus diraih setiap hari. Makanan yang tinggi nutrisi dan memberi rasa kenyang memiliki lebih sedikit poin secara keseluruhan. Sementara di sisi lain, permen manis memiliki nilai tinggi.

5. Diet Mind

Merupakan campuran DASH dan diet Mediterania. Tujuan dari diet Mind di antaranya dapat membantu melindungi otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

Meskipun masih banyak penelitian yang diperlukan untuk menentukan apakah diet ini benar-benar membantu mengurangi penurunan performa otak.

Pelaku diet dianjurkan untuk makan dari 10 kelompok makanan yang dapat menyehatkan otak, di antaranya sayuran berdaun hijau, semua sayuran, kacang, buah beri, biji-bijian, ikan, unggas, minyak zaitun, dan anggur.

Mereka juga harus menghindari lima kelompok makanan yaitu daging merah, mentega, dan margarin, keju, permen, dan makanan cepat saji.

6. Diet TLC

Diet Therapeutic Lifestyle Changes dimaksudkan untuk membantu orang mengurangi kolesterol tinggi.

Pelaku diet ini diharuskan mengurangi lemak secara keseluruhan, terutama lemak jenuh. Mereka juga didorong untuk mengonsumsi makanan kaya serat.***/sumber: kompas.com


 
Berita Terbaru >>
3 Calon Pj Wako Pekanbaru Segera Diusulkan
Pembobol Toko HP di Pekanbaru Ditembak Polisi!
Pj Gubri Resmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani
TK An Namiroh 2 Pekanbaru Berbagi Nasi Kotak di Simpang Srikandi Ujung
Maksimalkan Pelayanan, Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua Pos Damkar Baru
Agar Mudik Aman dan Nyaman, Hindari Tanggal Ini!
ICCR Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Sidomulyo Barat Tuah Madani
Bahas Pelaksanaan HUT, Ini Tiga Agenda Besar PJS
Nikel di Sultra Milik Semua Rakyat Sultra, Pemerintah Harus Lebih Adil
Truk Terobos Palang Pintu, Masinis KA Putri Deli Terluka
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com