Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Dua Kades di Rohul dan 4 Sipil Kena OTT Tim Saber Pungli
Sabtu, 20/01/2018 - 06:22:41 WIB
  Barang bukti
 

PEKANBARU - Kepala Desa (Kades) Rantau Benuang Sakti dengan inisial PA, Sekretaris Desa berinisial Sq, Kades Kepenuhan Barat Sei Rokan  berinisial MD dan 3 warga sipil diamankan tim Saber Pungli Polres Rohul.

Ketiga warga sipil tersebut masing-masing berinisial SD, Sm dan AA. Dua orang berstatus sebagai saksi, masing-masing berinisial EE dan Ns.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, Jumat (19/1/2018) malam menuturkan, OTT tersebut dilakukan Tim Saber Pungli Polres Rohul setelah polisi mendapat informasi, akan adanya transaksi penyerahan uang kepada PA selaku Kades di Rantau Benuang Sakti dan Sekretaris Desanya, yakni Sq.

Diduga, penyerahan uang ini terkait biaya pengurusan penerbitan SKRPT (Surat Keterangan Riwayat Pemilik Tanah) sejumlah 102 surat tahap I, dari 426 surat yang direncanakan. Surat ini milik anggota salah satu koperasi setempat.

SKRPT ini merupakan syarat untuk membuat Sertifikat Hak Milik (SHM). Diduga inilah yang kemudian 'dimainkan' oleh oknum-oknum tersebut untuk mendapatkan keuntungan, sehingga terdapat unsur dugaan penyalahgunaan dalam wewenangnya.

"Rp3.500.000 per suratnya, karena pihak koperasi tidak sanggup, turun menjadi Rp2.500.000 dan akhirnya menjadi Rp1.500.000, sesuai kemampuan pengurus koperasi," kata Guntur.

Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) ini, kepolisian turut mengamankan uang tunai senilai Rp50 juta dalam bentuk pecahan Rp50.000 serta 73 persil SKRPT yang sudah diisi identitas pemilik dan sudah dicap dengan tanda tangan Kades tersebut.

Selain itu, diamankan juga satu rangkap kuitansi pembayaran dari pengurus salah satu KUD (Koperasi Unit Desa) kepada si oknum Kades, serta handphone masing-masing milik PA dan Sq.**/syu

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com