Rabu, 21 Februari 2018
Follow:
Home
Dua Kades di Rohul dan 4 Sipil Kena OTT Tim Saber Pungli
Sabtu, 20/01/2018 - 06:22:41 WIB
  Barang bukti
 

PEKANBARU - Kepala Desa (Kades) Rantau Benuang Sakti dengan inisial PA, Sekretaris Desa berinisial Sq, Kades Kepenuhan Barat Sei Rokan  berinisial MD dan 3 warga sipil diamankan tim Saber Pungli Polres Rohul.

Ketiga warga sipil tersebut masing-masing berinisial SD, Sm dan AA. Dua orang berstatus sebagai saksi, masing-masing berinisial EE dan Ns.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, Jumat (19/1/2018) malam menuturkan, OTT tersebut dilakukan Tim Saber Pungli Polres Rohul setelah polisi mendapat informasi, akan adanya transaksi penyerahan uang kepada PA selaku Kades di Rantau Benuang Sakti dan Sekretaris Desanya, yakni Sq.

Diduga, penyerahan uang ini terkait biaya pengurusan penerbitan SKRPT (Surat Keterangan Riwayat Pemilik Tanah) sejumlah 102 surat tahap I, dari 426 surat yang direncanakan. Surat ini milik anggota salah satu koperasi setempat.

SKRPT ini merupakan syarat untuk membuat Sertifikat Hak Milik (SHM). Diduga inilah yang kemudian 'dimainkan' oleh oknum-oknum tersebut untuk mendapatkan keuntungan, sehingga terdapat unsur dugaan penyalahgunaan dalam wewenangnya.

"Rp3.500.000 per suratnya, karena pihak koperasi tidak sanggup, turun menjadi Rp2.500.000 dan akhirnya menjadi Rp1.500.000, sesuai kemampuan pengurus koperasi," kata Guntur.

Dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) ini, kepolisian turut mengamankan uang tunai senilai Rp50 juta dalam bentuk pecahan Rp50.000 serta 73 persil SKRPT yang sudah diisi identitas pemilik dan sudah dicap dengan tanda tangan Kades tersebut.

Selain itu, diamankan juga satu rangkap kuitansi pembayaran dari pengurus salah satu KUD (Koperasi Unit Desa) kepada si oknum Kades, serta handphone masing-masing milik PA dan Sq.**/syu

 
Berita Terbaru >>
DPM-PTSP Pekanbaru Jadi Percontohan Seluruh Indonesia
Amril Imbau Seluruh Warga Bengkalis Cegah Karhutlah
Pemerintah akan Segera Serahkan Lahan Pehutanan Sosial kepada Masyarakat
KPK Persilakan Nazaruddin Kirim Bukti Dugaan Korupsi Fahri
Dirjen Kemendagri Puji Pelayanan DPM-PTSP Kota Pekanbaru
Hakam Mabruri dan Isteri Bersepeda ke Mekkah
Hidangan Rendang di Hari Raya Imlek
Tipu Warga dengan Janji Bisa Masuk Pegawai, ASN Pemrov Riau Berurusan dengan Polisi
Karhutla di Meranti Mulai Masuk ke Lokasi PT NSP
Hari Ini Batas Akhir Penurunan Baliho Paslon Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com