Senin, 22 Juli 2019
Follow:
Home
Crowde Siapkan Rp100 Miliar Untuk Modali Petani
Kamis, 25/01/2018 - 21:03:21 WIB
 
Lebih dari 100.000 petani pada tahun ini akan mendapat pendanaan dari Crowde, sebuah perusahaan rintisan urun investasi pertanian.
(foto datalogger indonesia)
 

JAKARTA — Lebih dari 100.000 petani pada tahun ini akan mendapat pendanaan dari Crowde, sebuah perusahaan rintisan urun investasi pertanian.

Sepanjang tahun lalu, platform itu menjangkau 5.000 petani yang tersebar di 276 desa di seluruh Indonesia dengan nilai pembiayaan investasi senilai Rp15 miliar.

Yohanes Sugihtononugroho, CEO sekaligus pendiri Crowde,  menargetkan penyaluran pembiayaan pada tahun ini mampu menembus Rp100 miliar. 

“Fokus kita tahun ini membuka akses permodalan kepada lebih dari 100.000 petani. Dana yang ingin kami salurkan semoga bisa menembus Rp100 miliar,” ujarnya di Jakarta, Kamis (25/1/18).

Crowde merupakan platform urun investasi atau crowd investing yang berfokus menyalurkan pendanaan terhadap sektor agrikultur. Perusahaan rintisan itu sudah melibatkan sebanyak 9.000 pengguna aktif yang berinvestasi kepada beragam proyek pertanian. Pada tahun ini, Crowde menargetkan mampu mencapai 50.000 basis investor.

“Crowde itu ide intinya patungan investasi untuk permodalan petani,” ujarnya seperti dikutip bisnis.com.

Pengguna platform itu dapat berinvestasi langsung terhadap beragam proyek pertanian dengan kisaran kebutuhan investasi senilai Rp5 juta sampai Rp300 juta.

Setiap pengguna dapat mulai patungan dengan menempatkan dana mulai dari Rp10 ribu untuk memperoleh imbal hasil berkisar 15% per proyek pertanian. Crowde memonetisasi komisi sebesar 3% dari total penanaman modal yang terealisasi.

Yohanes menyatakan salah satu tantangan terbesar bagi sektor pertanian di Indonesia merupakan keterbatasan akses modal petani.

Menurutnya, penetrasi penyaluran kredit mikro kepada sektor pertanian masih belum optimal lantaran bisnis pertanian dianggap belum bankable. Akibatnya, petani banyak mengandalkan permodalan dari tengkulak yang mengincar benefit tinggi tanpa mau berbagi resiko. (wan/bisnis)  

 
Berita Terbaru >>

Hebat, Dua Penghargaan Nasional Kembali Diraih Kota Pekanbaru
Satu Orang Komisioner Bawaslu Inhu Terancam Dipecat
Bunga Bangkai Ditemukan Warga Palupuh Agam di Pinggang Bukit
Hari Ini 17 Titik Panas Kembali Muncul di Riau
Belasan Rumah Hangus Terbakar di Pasar Umbut Kelapa Inhil
Duh, Komedian Nunung Sampai Berhutang Demi Narkoba
Kota Pekanbaru Raih Dua Penghargaan dari Kemen PPPA
Cegah DBD, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan Lingkungan
Penganiaya Balita yang Makamnya Dibongkar untuk Autopsi Ternyata Ibu Kandung
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com