Sabtu, 23 Februari 2019
Follow:
Home
Imami Sholat Jumat, Perempuan India Diancam Mati
Rabu, 31/01/2018 - 08:47:09 WIB
  Foto detik
 

New Delhi - Jamida menjadi Imam perempuan untuk pertama kalinya di India. Ia memimpin sholat Jumat di negara bagian Kerala, India.

Jamida (34) yang dikenal dengan nama lain 'Jamida Teacher', menjadi perempuan Muslim India pertama yang memimpin sholat Jumat di Desa Cherukode. Hal yang menurut laman thehindu.com telah melanggar hukum syariah tersebut sudah ia sadari dan Jamida siap menerima konsekuensinya.

Siap terima akibat

"Saya melakukannya dengan mengetahui akibatnya," kata Jamida kepada The Hindu. Sholat Jumat tersebut terdiri dari sekitar 50 laki-laki dan perempuan di kantor komite utama organisasi Quran Sunnath Society. Organisasi ini adalah sebuah gerakan yang didirikan oleh Chekannur Moulavi, seorang ilmuwan Muslim radikal, yang diyakini dibunuh setelah dia secara misterius menghilang pada tahun 1993.

Kelompok tersebut baru-baru ini meminta pelarangan buku Fath-ul-Mueen karangan Sheik Sainuddin Makhum. Mereka mengatakan bahwa buku tersebut, yang dipelajari di universitas-universitas di negara-negara Arab dan institusi keagamaan di India, telah berperan dalam menghasut pemuda Muslim untuk melakukan terorisme.

Ancaman Pembunuhan

Kaum fundamentalis pun mengancam akan membunuh Jamida. Menurut mereka, Jamida telah "menodai agama". Di media sosial Jamida juga menjadi perbincangan hangat. Mayoritas warganet mengkritik tindakannya.

"Kami mengikuti Alquran. Kitab ini membahas manusia sebagai laki-laki dan perempuan, dan tidak membedakan keduanya. Baik laki-laki maupun perempuan memiliki peran yang sama dalam agama, "ungkap Jamida. Ia menyatakan akan terus menentang dominasi laki-laki dalam agama dan akan terus memimpin sholat bersama para perempuan lainnya.

Meskipun ini kejadian yang pertama di India, perempuan terpelajar asal negara Bollywood lainnya seperti Ghazala Anwar dan Amina Wadud, juga pernah memimpin sholat Jumat di New York pada awal tahun 1999.

Sumber; Detik

 
Berita Terbaru >>
Banyak Makan Sayur dan Buah Juga Bagus untuk Kesehatan Mental
Puskesmas Limapuluh Wakili Riau Lomba Puskesmas Layak Anak Nasional
Jembatan Siak IV Minggu Depan Bisa Dilalui
Mau Rumah dan Umroh Gratis? Ayo Ikuti Jalan Sehat Forum Pemred Riau
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com