Selasa, 26 Juni 2018
Follow:
Home
India Tawarkan Operasi Payudara Gratis bagi Kaum Miskin
Rabu, 28/02/2018 - 08:31:36 WIB
  Ilustrasi
 

INDIA- Operasi plastik, terutama pengurangan atau pembesaran payudara, sekarang bisa didapatkan gratis di Tamil Nadu, salah satu negara bagian di India Selatan. Perawatan kesehatan gratis selama ini masih dianggap sebuah kemewahan di berbagai belahan dunia.

Mulai Rabu (21/2), Departemen Kesehatan Tamil Nadu melayani operasi pembedahan kosmetik tersebut secara gratis di Perguruan Tinggi Negeri dan Rumah Sakit Medis Stanley di Ibu Kota Chennai, Tamil Nadu, India.

Sebelumnya, mereka melayani bedah rekonstruktif untuk pasien kanker. Sekarang layanan diperluas untuk operasi payudara dengan alasan kosmetik atau alasan kesehatan lainnya.

Pejabat kesehatan mengatakan langkah tersebut diambil demi memastikan perempuan yang kurang mampu mendapat akses operasi kecantikan yang tadinya merupakan kemewahan milik orang kaya.

"Mengapa perawatan kecantikan tidak tersedia untuk orang miskin?" kata Menteri Kesehatan C Vijaya Baskar seperti dilansir The Times of India. "Jika kita tidak menyediakan, mereka mungkin akan memilih metode berbahaya atau mengambil pinjaman besar demi melakukannya."

Dia menambahkan jika hingga saat ini dana operasi masih datang dari departemen kesehatan. Rencananya mereka akan berdiskusi dengan penyedia asuransi United India untuk mendanai prosedur sejenis dengan alasan sosial.

Kepala Unit Pembedahan di klinik tersebut, Dr V Ramavedi mengatakan para pasien datang dengan berbagai alasan. Banyak yang meminta pengurangan ukuran payudara setelah mengalami sakit di punggung dan bahu, ruam dan infeksi jamur. Yang lain hanya menginginkan sedikit dorongan kepercayaan diri.

"Sebagai ahli bedah plastik, saya tidak memandang sebelah mata wanita saat menginginkan operasi. Jika mereka sehat, saya merekomendasi," ujar Ramavedi.

Namun, program operasi payudara gratis tersebut juga menuai banyak kritikan. Beberapa ahli kesehatan masyarakat mengatakan pemerintah hanya akan menyia-nyiakan dana negara.

"Skema ini terdengar populis, tapi bukan program kesehatan masyarakat yang ideal. Dana negara harusnya digunakan untuk penyakit menular dan tidak menular yang muncul," kata mantan direktur kesehatan masyarakat Dr S Elango. "Sangat menyedihkan sekarang kita berfokus pada kecantikan bukan operasi untuk menyelamatkan nyawa."

Pembedahan kosmetik kian populer di India dalam beberapa tahun terakhir. India menempati sepuluh negara terbanyak melakukan prosedur operasi kosmetik. Menurut Komunitas Pembedahan Plastik Estetika Internasional, 878.180 prosedur operasi dilakukan di India. Dari jumlah tersebut 67.320 di antaranya operasi pengecilan atau pembesaran payudara.

Selain melayani operasi payudara gratis, klinik yang terletak di Ibu Kota Tamil Nadu, Chennai itu itu juga melayani operasi bibir sumbing untuk anak-anak, perawatan luka lanjut dan transplantasi tangan serta beragam prosedur operasi lainnya.(cnn)

 
Berita Terbaru >>
Meriahkan HUT Pekanbaru, Besok Digelar Gerak Jalan Berhadiah Rumah
Selain Molor, Beberapa Anggota Dewan tak Hadiri Paripurna HUT Pekanbaru
Kabar Duka dari Meranti, Asisten III Meninggal Dunia karena Terjatuh
Rampok Satroni Indomaret Harapan Raya Pekanbaru Tadi Pagi
Hari Ini Pekanbaru dan Sebagian Wilayah Riau Berpotensi Hujan
Hukuman Mati untuk Aman Abdurrahman
Pemko Pekanbaru akan Pindahkan Lokasi Car Free Day ke Jalan Sudirman
Empat Bus TMP Disiapkan Dishub Menuju Kantor Wako Pekanbaru di Tenayan Raya
Argentina di Ujung Tanduk, Kroasia ke Babak 16 Besar Piala Dunia
Polisi Lakukan Pengamanan Berlapis di PN Jaksel, Menjelang Vonis Aman Abdurrahman
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com