Selasa, 19 Maret 2019
Follow:
Home
5 Tips Memasak di Akhir Pekan
Minggu, 18/03/2018 - 17:11:20 WIB
  Ilustrasi
 

JAKARTA- Memasak jadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih di akhir pekan. Walau membutuhkan keahlian, memasak sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Agar dapat memasak dengan menyenangkan dan menghasilkan hidangan yang lezat, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips ini diberikan oleh koki andal Ragil Imam Wibowo.

1. Hidangan yang sederhana

Pria yang akrab disapa Chef Ragil itu menyarankan bagi pemula sebaiknya memasak hidangan yang sederhana dengan durasi pembuatan maksimal 30 menit. Makanan yang sederhana dibuat dengan bahan dan juga cara yang sederhana sehingga lebih memudahkan dalam proses memasak.

"Bisa masak apa saja, tapi kalo untuk yang baru mulai masak carilah makanan yang sederhana yang maksimal setengah jam," kata Chef Ragil di Jakarta beberapa waktu lalu.

2. Persiapkan bahan

Bahan merupakan komponen penting dari masakan untuk mendapatkan rasa yang lezat. Bahan-bahan ini bisa didapatkan di pasar tradisional atau swalayan. Jika ingin memasak makanan western, beberapa bahan dan bumbu tersedia di online atau bisa diganti dengan bumbu lokal.

3. Tiru media sosial

Menurut Chef Ragil, sosial media seperti Instagram atau laman YouTube dapat menjadi referensi untuk memilih hidangan yang sederhana dan cepat. Chef Ragil menilai teknik yang digunakan di media sosial itu sudah benar. Soal rasa, bisa disesuaikan.

"Dari segi teknik itu meyakinkan, tinggal masalahnya bayangan rasa yang diinginkan diterjemahkan ke masakan," ujar Ragil yang baru saja mendapatkan penghargaan Chef of the Year dari Jakarta's Best Eat Awards 2018.

4. Gambaran rasa

Agar mendapatkan rasa yang nikmat, Chef Ragil menyarankan untuk memperbanyak pengetahuan soal rasa. Semakin banyak rasa yang dicoba, masakan bakal semakin kaya. Latihan juga diperlukan supaya rasa makanan semakin pas. "Harus sering latihan dan punya gambaran rasa asamnya, manisnya, asinnya, supaya lidah terdidik buat tahu rasa apa yang dicari," ucap Chef Ragil.

5. Persiapkan mental

Bagi Ragil, dalam memasak juga harus mempersiapkan mental untuk menerima hasil masakan dan juga membersihkan alat dan dapur. "Masak itu sebenarnya gampang yang paling enggak gampang itu bersih-bersihnya, jadi itu yang harus disiapkan mental," ujar Ragil. (cnn)

 
Berita Terbaru >>
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
Dewan Rapat Tertutup dengan Perwakilan Guru Sertifikasi Pekanbaru
Farida: Biar Saya Saja yang Dipenjara, Saya tak Mampu Bayar Uang Sekolah Anak
DPRD Gelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pidato Sambutan Gubri Periode 2019-2024
Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Fraksi Terhadap LKPj Kepala Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com