Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Bangkitkan Ekonomi Masyarakat, Firdaus-Rusli akan Hidupkan Pelabuhan Kuala Enok
Minggu, 25/03/2018 - 20:02:24 WIB
 
 

TANAH MERAH- Calon gubernur Riau nomor urut 3, DR Firdaus ST,MT- Rusli Effendi melakukan kampanye dialogis di Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Indragiri Hilir, Sabtu (24/3/2018).
 
Di wilayah strategis yang sempat dipersiapkan oleh pemerintah Provinsi Riau dan pemerintah pusat sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus zona pertanian itu, berjanji, akan mengembalikan kejayaan Kuala Enok dan membangkitkan potensi ekonomi warga.
 
Kuala Enok, dulu diperuntukkan sebagai zona ekonomi khusus di pesisir Indragiri. Kawasan ini strategis karena berbatasan dengan beberapa daerah terbuka di Selat Malaka. Karena itulah, dulu sudah didirikan pelabuhan samudera Enok.
 
Pihaknya sendiri tidak mengetahui persis apa yang menjadi kendala. Namun, dalam perencanaan dan perancangan kawasannya, dia ada dan menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum.
 
"Kawasan ini pernah dipersiapkan menjadi pelabuhan samudera di seberang sana. Disana, kapal-kapal besar akan bersandar untuk mengangkut hasil pertanian dan arus barang lainnya. Hanya saja, sejauh ini, pelabuhan itu belum berfungsi sebagaimana diharapkan. Masih terkendala pada kewenangan Kementerian Perhubungan,'' kenang Firdaus.
 
Karena itulah, dia berencana melanjutkan kembali kejayaan kawasan pelabuhan samudera di Kuala Enok ini sehingga bisa kembali membangkitkan perekonomian masyarakat.
 
"Sebenarnya ini koordinasinya ada pada Pemerintah Provinsi dan berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan. Hanya saja, sejauh ini, hal tersebut masih belum selesai. Itu yang akan kita coba bangkitkan kembali. Kita akan buka pintu untuk investor, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaaan,'' lugas Firdaus.
 
Dalam kesempatan berada di Tanah Merah ini, Firdaus banyak mendengarkan keluh kesah masyarakat, khususnya terkait dengan persoalan prasarana jalan yang menghubungkan kawasan Enok dengan wilayah lainnya.
 
''Ya, saya mendengarkan. Insha Allah, bila dipercaya dan Allah Ridho, kita akan benahi kembali permasalahn ruas jalan ini,'' ungkap Firdaus.
 
Dijelaskan dia dahulunya, sekitar 12 tahun yang lalu, Pemerintah Provinsi Riau juga sudah membangun ruas jalan dari Sungai Akar menuju Bagan-Jaya, lantas Bagan Jaya menuju Enok-kuala enok. Kita akan buka akses masyarakat menuju daerah-daerah terdekat, sehingga tidak mutlak hanya bisa ditempuh menggunakan kapal saja, tapi juga bisa diakses melalui jalur darat.
 
''Bila dipercaya nanti, Pemprov Riau bersama menemui Kementerian Perbubungan kita akan coba buka kembali akses ekonomi di kawasan ini,'' ungkap Firdaus.
 
Sepanjang acara di Enok, cukup banyak masukan yang diberikan masyarakat kepada Dr Firdaus MT. Mereka pun berdoa dan menharapkan Firdaus bisa memimpin Riau.
 
''Kami mendoakan, semoga Bapak bisa terpilih memimpin Riau. Karena kami yakin, Pak Firdaus cukup mengenal wilayah Indragiri Hilir, termasuk diantaranya wilayah perairan Enok yang masih memerlukan banyak sekali dukungan peran dari pemerintah Provinsi Riau,'' ungkap salah seorang warga.
 
Dalam kesempatan itu juga, salah seorang tokoh masyarakat sempat mengungkapkan keluh kesahnya tentang semakin sempitnya lapangan pekerjaan di Kuala Enok pasca hengkangnya 3 dari 4 perusahaan yang sebelumnya sempat hidup di Kuala Enok dan ikut berkontribusi pada terbukanya lapangan pekerjaan.
 
''Tapi sekarang perusahaan itu sudah tak lagi ada. dari empat, 4 sudah keluar dan akibatnya, banyak warga Kuala Enok juga memeutuskan bekerja ke luar daerah. Dari sebelumnya berjumlah 24.000 kepala keluarga, sekarang menyusut hingga tinggal 14.000 saja. Hal tersebut salah satunya terdampak karena sulitnya mendapatkan pekerjaan. Mudah-mudahan dengan kehadiran Pak Firdaus ke Enok ini bisa membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi kami,'' ungkap Hasan, salah seorang warga lainnya.(***)

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com