Minggu, 24 Maret 2019
Follow:
Home
Pertamina Klaim Padamkan Kebakaran Kapal di Balikpapan
Sabtu, 31/03/2018 - 16:32:03 WIB
 
 

BALIKPAPAN- PT Pertamina (persero) mengklaim telah berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di perairan Teluk Balikpapan. Adapun insiden tersebut menewaskan dua orang akibat kebakaran yang melibatkan kapal kargo dan nelayan tersebut.

Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha menjelaskan bahwa api yang timbul pukul 11.00 WITA berhasil ditanggulangi pukul 12.00 WITA. Pemadaman api dilakukan pihaknya, berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Balikpapan dan Chevron.

"Pertamina berhasil memadam kebakaran dalam waktu singkat dan mecegah meluasnya kebakaran ke area lain," ujar Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha dalam siaran pers, Sabtu (31/3).

Dalam upaya pemadaman tersebut, menurut dia, Pertamina menurunkan penyelam di Teluk Balikpapan. Adapun hingga kini penyebab kebakaran masih dalam tahap investigasi.

"Saat ini kami masih fokus pada penanggulangan dampaknya," terang dia.

Pertamina pun membantah isu yang beredar di media sosial bahwa kebakaran tersebut merupakan upaya Pertamina menghilangkan ceceran minyak. Hal tersebut pun, menurut dia, sudah diklarifikasi pemilik akun yang menyebarkan berita tersebut di media sosial.

Kejadian ini, menurut dia, juga tidak berpengaruh terhadap operasional Kilang Pertamina. Terminal BBM dan Depot LPG di Balikpapan tetap beroperasi normal dalam menyaluran bahan bakar. Pipa bawah laut Pertamina dari Terminal Lawe-Lawe masih menyalurkan minyak mentah ke Kilang Balikpapan dan lokasi pipa juga berada jauh dari titik kebakaran.

"Hasil pengecekan terhadap seluruh instalasi Pertamina yang melintasi Teluk Balikpapan, hingga saat ini tidak ditemukan kebocoran," jelas dia.

Selain itu, ia menambahkan hasil uji laboratorium yang dilakukan Pertamina terhadap sampel eceran minyak dari dua lokasi berbeda dinyatakan sebagai bahan bakar kapal. Jenis bahan bakar ini tidak diproduksi di Kilang Balikpapan. (cnn)

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com