Kamis, 27 Juni 2019
Follow:
Home
Tak Cuma Pariwisata, Firdaus Juga Akan Tarik Investasi Industri Hilir di Riau
Sabtu, 28/04/2018 - 14:03:41 WIB
 
 

SIAK HULU- Doktor Firdaus MT mengungkapkan sejumlah langkah strategis yang akan dilaksanakan untuk memulihkan kondisi perekonomian Riau yang sedang terpuruk.

Selain akan menjadikan sektor pariwisata sebagai potensi baru pasca merosotnya produksi minyak bumi dan gas, Riau harus bisa bangkit dengan pengembangan potensi lainnya.

''Diantaranya, sektor perkebunan kelapa sawit, karet, kelapa. Selama ini, kita hanya menjadi negara pengekspor potensi perkebunan, sehingga harga jualnya rendah. Yang kita ingin lakukan adalah, bagaimana menarik investasi yang berminat untuk mengembangkan industri hilir dari kelapa sawit, karet dan kelapa, termasuk juga sektor lainnya, termasuk perikanan untuk bisa membangun pabrik, sehingga masyarakat Riau juga bisa mendapatkan value added (nilai tambah,red),'' ungkapnya.

''Bila industri seperti ini dibuka, kita yakin, akan banyak lapangan kerja yang bisa dibuka dan nilai tawar daerah dari sisi perekonomian akan lebih tinggi,'' lanjut Firdaus.

Untuk sektor pariwisata sendiri, dijelaskan Firdaus, Riau masih mempunyai potensi yang cukup besar untuk bisa tumbuh dan berkembang. ''Kita akan sinergikan potensi wisata yang ada untuk saling mendukung dan pengembangannya bisa dilakukan melalui prasarana infrastruktur yang memadai,'' sebut Firdaus.

''Jadi, misalnya, Pekanbaru mempunyai potensi wisata berbasis MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) lewat prasarana hotel dan tempat terselenggaranya kegiatan berskala nasional maupun internasional. Potensi ini kita gandengkan dengan potensi wisata lainnya di sekitar Pekanbaru secara terintegrasi. Caranya tentulah dengan menyiapkan infrastruktur yang memadai yang bisa mengkoneksikan satu wilayah dengan wilayah lainnya seperti Siak, Pelalawan, Kampar dalam waktu yang tidak terlalu lama,'' ungkap dia.

Penyediaan infrastruktur seperti jalan, listrik, air bersih, disebutkan Firdaus sangat penting untuk mendukung kemudahan tersebut. Hal tersebut juga yang akan dilakukan untuk membangun pariwisata sebagai primadona ekonomi baru di Provinsi Riau.

Hanya saja, diakui Firdaus, potensi pariwisata ini perlu sinergi yang kuat antar wilayah. Karena itulah, dalam pengelolaan pariwisata di Riau, antar wilayah harus dibangun secara bersama-sama. Tak hanya di Pekanbaru, tapi juga di wilayah lainnya. Seperti untuk potensi Pulau Rupat di Bengkalis, Muara Takus di Kampar, Istana Siak di Siak Sri Indrapura, Bono di Pelalawan dan beberapa daerah lainnya.

Selain itu, Firdaus juga mengungkapkan programnya menggandeng sejumlah asosiasi perjalanan wisata, agen penerbangan  dan potensi lainnya untuk bersama-sama berkomitmen membangun peluang prasarana pariwisata yang bisa dikembangkan di 12 kabupaten dan kota yang ada.

Tak hanya itu, Pemprov Riau, bila kelak dipercaya menjadi Gubernur Riau, sebut Firdaus, akan berupaya melaksanakan sosialisasi, komunikasi dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand untuk pariwisata baik yang berkaitan dengan alam maupun budaya juga industri kreatif.

Karena itulah, tugas utama pemerintah adalah membangun sumber daya manusia yang siap untuk memenuhi daya saing daerah dalam pnegelolaan sektor pariwisata, termasuk pemahaman tentang sadar wisata, mempersiapkan infrastruktur yang memadai sebagai aksesibilitas dan mensosialisasikannya.(*)

 
Berita Terbaru >>
Ragam Kegiatan Warnai Sempena Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke- 235
Seorang Kakek di Kuansing Nyaris Tewas Diterkaman Buaya
Satgas Karhutla Mulai Antisipasi Kemunculan Hotspot di Riau
Putusan Sengketa Perselisihan Hasil Pemilu Pilpres akan Dibacakan 27 Juni
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com