Senin, 17 Desember 2018
Follow:
Home
Siwak, Sikat Gigi Tradisional Kaya Manfaat
Senin, 28/05/2018 - 12:03:40 WIB
 
 

PEKANBARU - Siwak adalah ranting atau batang dari pohon arak (persica savadora) yang sejak zaman Nabi Muhammad SAW sudah digunakan untuk membersihkan gigi.

Dari penelitian berbagai pihak, diyakini siwak telah digunakan lebih dari 7000 tahun lalu. Berbeda dengan sikat gigi biasa, siwak merupakan gabungan dari sikat gigi dan pasta gigi yang memiliki sifat antibakteri.

Ada banyak kandungan alami di dalam siwak yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Di antaranya, Alkaloid yang berfungsi sebagai antibakteri. Ada silika yang berfungsi sebagai abrasi alami dan menghilangkan noda, serta Kalsium, klorida, dan fluorida, yang membantu remineralisasi struktur gigi.

Siwak juga disebut mengandung sulfur, vitamin c, resin (membentuk lapisan pelindung enamel mencegah terjadinya karies), tanin sebagai perangsang produksi air liur premolar, serta saponin, flavonoid dan sterol.

Penelitian yang telah dilakukan WHO dan organisasi kesehatan lainnya mengatakan siwak mampu menjaga kesehatan gigi dan memerlukan perawatan yang lebih rendah dari pada menggunakan pasta gigi. Penelitian lain juga membuktikan penggunaan siwak memiliki efek terapeutik pada penyakit gusi dan siwak bertindak melawan penyakit gusi.

Manfaat Siwak

Setidaknya terdapat delapan manfaat siwak yang patut jadi pertimbangan untuk memakai sikat gigi tradisional ini.

1. Mencegah pembusukan dan gigi berlubang

Keseringan mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula akan meningkatkan kemungkinan kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Kerusakan gigi dapat terjadi ketika enamel hancur, sisa makanan yang menumpuk pada gigi akan menjadi sarang bakteri yang dapat memudarkan email gigi.

Pasta gigi yang sering digunakan mengandung florida yang mampu mengalahkan pembusukan sisa makanan pada mulut. Solusi lain yang dapat mencegah kerusakan gigi dengan menggunakan air liur. Siwak membantu meningkatkan pembentukan air liur di mulut tanpa tambahan bahan kimia apapun, sehingga secara alami mampu mencegah kerusakan gigi.

Natrium klorida, natrium bikarbonar dan kalsium oksida yang terdapat pada siwak dapat memperkuat enamel gigi dan juga membantu proses pemutihan gigi.

2. Membersihkan plak

Pembentukan plak pada gigi merupakan proses umum. Menyikat gigi secara teratur bisa menghilangkan plak dengan mudah. Proses menghilangkan plak akan membuat warna kuning pada gigi dan gusi atau yang disebut dengan tartar atau karang yang juga dapat menyebabkan penyakit gusi.

Cara termudah untuk mencegah penumpukan karang dan plak adalah dengan menyikatnya secara teratur. Siwak sebagai sikat gigi dari ranting memiliki sifat antibakteri yang mencegah penumpukkan bakteri pada gigi dan gusi.

3. Mengatasi bau mulut

Beberapa orang sering mengalami masalah bau mulut atau dalam istilah medis dikenal dengan halitosis. Masalah bau mulut ini menjadi indikator dari adanya masalah gigi. Kurangnya produksi air liur juga dapat menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.

Sifat antibakteri yang kuat pada siwak dan juga kemampuan siwak untuk meningkatkan produksi air liur mampu mengatasi masalah bau mulut. Siwak yang merupakan bahan alami mampu melepaskan senyawa tertentu yang memberikan aroma ringan khas siwak.

4. Melawan pertumbuhan bakteri jahat

Mulut menyimpan tidak kurang dari 700 bakteri yang berbeda. Bakteri yang terdapat dalam mulut tidak semuanya merupakan bakteri jahat. Sebagian besar bakteri pada mulut membantu dalam proses pemecahan makanan dan juga membantu kesehatan gigi dan gusi. Bakteri jahat yang terdapat di mulut akan menyebabkan gigi berlubang dan masalah kesehatan lain pada gigi dan gusi.

Mengutip Stylecraze, penelitian yang telah dilakukan oleh WHO dan kelompok lainya membuktikan bahwa siwak terbukti mengandung sifat antibakteri. Sifat inilah yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri di mulut. Orang yang menggosok gigi menggunakan siwak secara teratur memiliki resiko lebih rendah mengalami penyakit pada gusi dan gigi dibanding dengan mereka yang menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi.

5. Melindungi dan memperkuat gusi

Gusi merupakan jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu menjaga kesehatan gigi. Kerusakan yang terjadi pada gigi juga akan dialami oleh gusi. Pembengkakan pada gusi dipicu karena adanya plak dan tartar. Peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada gusi harus segera diobatai agar tidak membuat gusi surut dan membuat gigi menjadi hilang. Siwak membantu mencegah pembentukan plak dan secara signifikan mengurangi kemungkinan terjadinya gingivitis dan periodontitis.

6. Anti-karsinogenik dan analgesik

Selain memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, siwak juga mengandung enzim antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan polifenoloksidase yang memiliki sifat antikarsinogenik. Sifat antikarsinogenik ini membantu mencegah kanker. Meskipun belum diketahui seberapa efektif siwak dalam melawan kanker namun penelitian telah menetapkan siwak mampu mencegah kanker. Siwak juga bersifat analgesik atau mampu menghilangkan rasa sakit. Membantu mengurangi rasa sakit akibat adanya peradangan dan nyeri ada gusi atau gigi.

7. Menyegarkan mulut

Siwak dikemas dengan senyawa aromatik yang mudah menguap. Menggunakan siwak untuk membersihkan gigi akan memberikan rasa bersih dan nafas yang segar. Keharuman alami yang diberikan siwak lebih menyenangkan ketimbang dengan obat kumur.

8. Terjangkau dan efektif

Siwak merupakan sebuah ranting dari pohon salvadora persica yang tersedia secara komersial. Harga siwak ini lebih rendah dibanding dengan produk komersial lainnya. Bukan hanya sebagai sikat gigi siwak juga berfungsi sebagai pasta gigi dan obat kumur. Bentuk siwak yang ramping dan serat yang menyerupai bulu mampu menjangkau sudut-sudut di dalam mulut dan mampu membersihkannya secara efektif. ***/sumber:CNNIndonesia


 
Berita Terbaru >>
Saiman: Ini Dendam Politik. Dedet: Bagian Mana yang Dihilangkan
Satu Korban Meninggal Dalam Longsor Sitinjau Luaik
PKS Kritik Edaran Mendagri Soal Jilbab PNS Masuk Krah Baju
Kemendagri Terbitkan Aturan Penggunaan Jilbab untuk PNS
Longsor di Sitinjau Lauik Sebabkan Tiga Mobil Terseret Material
Sungai Siak Meluap, Desa Wisata Buluh Cina Riau Dilanda Banjir
Buah Rambutan Bermanfaat untuk Kesehatan
Johannes Kotjo Divonis Dua Tahun Penjara Dalam Kasus Suap PLTU Riau-1
Wisata Religi Riau Terus Dikembangkan
Waspada, Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih akan Melanda Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com