Sabtu, 25 Mei 2019
Follow:
Home
Malaysia Akan Bangun Pulau di Selat Singapura
Kamis, 31/05/2018 - 11:15:15 WIB
 
 

KLIKRIAU.COM-Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan bahwa Malaysia berencana membangun pulau di Middle Rocks, wilayah di Selat Singapura yang pernah disengketakan.

"Kami berniat memperbesat Middle Rocks agar kami dapat membangun pulau kecil untuk kami," ujar Mahathir sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (29/5).

Mahathir mengatakan bahwa negaranya sudah membangun sejumlah struktur di Middle Rocks setelah Mahkamah Internasional (ICJ) menyerahan kepemilikan wilayah itu kepada Malaysia tahun 2008 lalu.

Dalam putusan tersebut, ICJ menyatakan bahwa wilayah Pedra Branca yang terletak di dekat Middle Rocks adalah daerah kedaulatan Singapura.

Sebelumnya, Malaysia mengajukan banding atas putusan tersebut demi merebut Pedra Branca dari Singapura. Namun kini, Mahathir mengatakan bakal mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Tak lama setelah itu, Kementerian Luar Negeri Singapura merilis pernyataan bahwa mereka sudah mendapatkan pemberitahuan dari ICJ bahwa Malaysia menghentikan permohonan pertimbangan kembali tersebut.

Hubungan kedua negara kerap diselubungi kontroversi karena Singapura pada awalnya merupakan bagian dari Malaysia yang memisahkan diri pada 1965.

Masa paling dingin dalam hubungan kedua negara terjadi saat Mahathir memerintah pada 1981 hingga 2003. Tak lama setelah Mahathir kembali terpilih dalam pemilu awal Mei lalu, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, langsung berkunjung ke Malaysia.

Namun kemudian, Mahathir membatalkan proyek kereta cepat Malaysia-Singapura karena dianggap tidak menguntungkan negaranya. (*)

Sumber: CNN Indonesia

 
Berita Terbaru >>
Adakan Kegiatan Bukber, IKTS Pekanbaru Santuni Puluhan Anak Yatim
Tekanan dan Ancaman Terhadap Kawasan Konservasi Makin Meningkat
Diskusi dengan Tajuk 'Ngopi Bareng' Besok Kembali Diadakan PWI Riau
Dalam Rangka HUT ke -12, IKTS Kembali Lakukan Kegiatan Donor Darah
Pemko Pekanbaru Terima Penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha
Sambut Hari Bumi, Pecinta Alam Sumatera Riau Lakukan Aksi Pungut Sampah
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com