Rabu, 19 Desember 2018
Follow:
Home
Tujuh Makanan Sehat Membantu Menurunkan Berat Badan
Selasa, 19/06/2018 - 13:44:43 WIB
 
 

PEKANBARU - Ternyata ada beberapa jenis makanan yang patut dimasukkan sebagai menu sehari-hari. Tentu saja karena kandungan gizinya dan juga karena bisa menurunkan berat badan.

Memang makanan-makanan ini tak langsung membuat tubuh kurus, tetapi hanya membantu proses penurunan berat badan, misalnya karena membuat perut lama kenyang atau karena kandungan gizinya.

Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Oatmeal

Bagi yang pernah mencoba oatmeal tentu yang terasa adalah hambar. Namun makanan ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Oatmeal kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama.

Jika ingin mengkonsumsi oatmeal, hindari oatmeal instan atau oatmeal dengan gula tambahan. Sebaiknya tambahkan madu atau rempah seperti kayu manis atau pala untuk rasa dan aroma.

2. Nasi merah

Nasi merah dapat membantu menurunkan berat badan.Seporsi beras merah mengandung 21 persen magnesium, 15 persen vitamin B6, 4 persen zat besi dan 3,5 persen serat. Nutrisinya lebih kaya daripada beras putih.

Menurut Healthy Magazine, setengah cangkir beras merah mengandung 1,7 gram pati resisten yakni karbohidrat sehat yang mampu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak.

3. Alpukat

Dikutip dari Eating Well, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, potasium dan phytochemical (zat ang terdapat pada buah/sayur dan berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutritional Journal, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah, berat badan dan lingkar pinggang lebih rendah.

4. Telur

Telur jadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Ia tinggi protein, lemak sehat dan membuat kenyang meski rendah kalori. Dari studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information (NCBI), membuktikan bahwa telur membantu menurunkan berat badan.

Studi melibatkan 30 wanita dengan kelebihan berat badan. Mereka diminta sarapan dengan telur setiap hari daripada roti bagel. Hasilnya, mereka merasa lebih kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit pada 36 berikutnya. 8 minggu kemudian, mereka menemukan wanita yang sarapan dengan telur mampu menurunkan berat badan saat dipadukan dengan diet kalori ketat.

5. Tuna

Tinggi protein dan rendah kalori, dua keunggulan ini membuat ikan tuna banyak dikonsumsi para binaragawan atau mereka yang sering mengolah otot tubuh. Jika ingin fokus pada kandungan proteinnya, maka konsumsi tuna kaleng dengan tambahan air bukan minyak.

6. Buah dan sayur

Kedua jenis makanan ini menyediakan beragam vitamin dan mineral. Kandungan seratnya dapat membuat perut kenyang tanpa rasa bersalah karena buah dan sayur mengandung sedikit kalori.

Untuk sayuran hijau dapat dimasak atau disajikan begitu saja. Sayuran hijau seperti brokoli diketahui mampu mencegah kanker, kaya serat dan mencegah kenaikan berat badan. Ia juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat, kalsium, zat besi dan potasium.

7. Kacang-kacangan

Segala jenis kacang-kacangan mengandung banyak serat, ia ampuh mengontrol rasa lapar. Selain itu ia memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. **/berbagai sumber

 
Berita Terbaru >>
Korupsi, 3 Dokter RSUD Arifin Achmad Didakwa Pasal Berlapis
Polri Percepat Pemberkasan Tersangka Perusak Baliho Partai Demokrat
Tanggapi Sikap PSI, Hidayat Nur Wahid: Bung Karno Poligami, Terus Menolak Apa?
Amril Ajak Kades Profesional Kelola Keuangan Desa
Dituduh Nepotisme, Menantu Presiden Iran Mundur dari Jabatan
Terkait Kosmetik Ilegal Via Vallen dan Nella Kharisma Diperiksa Polisi
Goldman Sachs Klaim Dikelabui Pemerintah Malaysia Soal 1MDB
Lantik 11 Kades, Amril: Tugas Kepala Desa Sangat Berat
Bupati Non Aktif Lampung Selatan Dijatuhi Empat Dakwaan
Dana Bantuan Pendidikan S1 Pemkab dalam Proses Transfer
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com