Selasa, 23 Oktober 2018
Follow:
Home
Tempe Salah Satu Makanan Sumber Probiotik Baik untuk Pencernaan
Rabu, 25/07/2018 - 11:44:08 WIB
 
 

PEKANBARU - Makanan mengandung probiotik selain bisa melancarkan pencernaan juga untuk menambah energi dan mempercantik kulit. bahkan juga untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Biasanya yang langsung terlintas di pikiran saat bicara makanan probiotik adalah yoghurt, yang merupakan hasil fermentasi susu dan banyak dikenal sebagai sumber probiotik karena mengandung bakteri baik penyeimbang flora di usus. Tetapi yoghurt terbilang mahal untuk mereka yang kantongnya tipis.

Ternyata ada juga makanan probiotik, harganya terjangkau dan mudah diapatkan, yakni tempe, makanan khas Indonesia. Tempe yang merupakan hasil dari fermentasi kedelai juga kaya akan protein. Per potong bisa mengandung hingga 20 gram protein.

Selain yoghurt dan tempe ada lagi makanan probiotik yang bisa dikomsumsi, apa saja itu?

1. Cuka Apel

Seperti dikutip dari Women's Health Mag, cuka apel kaya akan probiotik dan bisa membantu memelihara kesehatan jika dikonsumsi dengan benar. Tetapi sebaiknya jangan minum langsung cuka apel karena sifatnya yang sangat asam bisa melukai lambung.

Konsumsilah cuka apel dengan mencampurkannya bersama makanan lain. Misalnya sebagai pengganti dressing salad dengan mencampurnya bersama minyak zaitun. Jumlahnya pun jangan terlalu banyak, cukup 1-2 sendok.

2. Kimchi

Makanan khas Korea Selatan ini punya citarasa asam segar dan sedikit pedas. Orang Korea biasa mengonsumsi kimchi dengan berbagai makanan sebagai pendamping.

Kimchi terbuat dari sawi, kol, atau lobak yang difermentasi oleh bakteri lactic acid. Santaplah kimchi bersama nasi, daging, ayam atau dimakan langsung.

3. Acar

Acar juga merupakan sumber probiotik selain yoghurt. Biasanya menjadi pendamping makanan seperti nasi goreng, mie goreng atau isian sandwich dan burger. Meskipun sehat, acar biasanya mengandung garam yang tinggi. Jadi jangan kalap saat makan acar, ya!

4. Keju Fermentasi

Beberapa jenis keju seperti cheddar dan Gouda juga mengandung bakteri lactic acid. Keju bisa dikonsumsi langsung sebagai camilan atau untuk isian roti. ***/zie/int

 
Berita Terbaru >>
Jenis Senyulong, Buaya yang Muncul di Sungai Siak Tidak Berbahaya
26 Ormas Melaporkan Aksi Pembakaran Bendera Berkalimat Tauhid di Garut
Tingkatkan PAD Online, KPK Kumpulkan Lima Kabapenda di Bank Riau Kepri
Gandeng IZI, Muslim PTPN V Sumbang Korban Bencana Lombok dan Sulteng
Masa Penahanan Ratna Sarumpaet Diperpanjang
Rampok Bersenpi Rampok Uang Ujang Rp500 di Kuansing
Berteriak, Gadis di Pelalawan Ini Selamat dari Percobaan Perkosaan
Cabuli Anak Tiri,‎ Seorang Petani di Desa Suka Maju Rohul Diltangkap Polisi
Cuek Pada Berita negatif, Cara David Beckham Jaga Pernikahannya
Hujan Meteor Bisa Disaksikan Dinihari Nanti di Langit Indonesia
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com