Jumat, 29 Maret 2024
Follow:
Home
Bengkalis Menjadi Tuan Rumah Sayembara Alunan Kompang Nusantara 2019
Selasa, 07/Agustus/2018 - 16:00:07 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 
BENGKALIS- Kabupaten Bengkalis ditetapkan sebagai tuan rumah Sayembara Alunan Kompang Nusantara untuk tahun 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Mahdalena, asal Tj Balai Karimun, perwakilan Tim Delegasi Muhibbah Sayembara Alunan Kompang Nusantara yang terdiri dari Malaysia, Singapura dan Karimun, ketika memberikan sambutan sekapur sirih pada jamuan makan malam yang diadakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, H Bustami HY, di Kediaman Dinasnya, Minggu malam, 5 Agustus 2018.

"Kami menilai adat dan seni budaya Melayu khususnya dalam seni kompang yang ada Kabupaten Bengkalis, terbilang cukup terjaga dengan baik. Bahkan kami juga menilai Bengkalis memiliki master kompang yang sangat banyak. Tentunya tak salah jika kami menetapkan Bengkalis sebagai tuan rumah dalam kegiatan Sayembara Alunan Kompang Nusantara tahun 2019 mendatang," katanya.

Dengan melibatkan peserta yang terdiri dari Negara Singapura sebanyak 30 orang, Malaysia 30, kemudian Tanjung Balai Karimun 30, Aceh 40 dibagi menjadi 2 grup, Meranti 20 orang dan peserta dari Kabupaten Bengkalis, wacana kegiatan Sayembara Alunan Kompang Nusantara ini direncanakan akan diselenggarakan pada Februari 2019.

Menyikapi hal itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sekda Bengkalis H Bustami HY, menyambut baik keinginan Tim Delegasi Muhibbah menjadikan Bengkalis sebagai tuan rumah dalam kegiatan Sayembara Alunan Kompang Nusantara tahun 2019.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan berupaya membantu menyukseskan kegiatan yang direncanakan akan dilakukan pada Februari 2019 mendatang. Tentunya hal ini merupakan kebanggaan bagi kita karena telah dipercaya menjadi tuan rumah dalam sayembara seni kompang yang nantinya dipadukan dengan tarian," kata Sekda.

Sebagai kegiatan yang bertujuan melestarikan budaya khususnya seni kompang, Bustami juga berharap kegiatan ini nantinya dapat menjadi motivasi masyarakat Bengkalis yang selama ini masih melestarikan seni kompang, agar dapat terus dijaga dan dipelihara sepanjang masa.

"Melalui Sayembara ini juga, nantinya kita berharap hubungan antar Singapura, Malaysia dan sejumlah daerah yang mengikuti, dapat terjaga dengan baik. Sehingga dapat terus bersama menjaga dan memelihara kesenian Melayu," ucapnya.

Hadir pada kesempatan itu, 21 Delegasi Tim Muhibbah Sayembara Alunan Kompang Nusantara dari Singapura, Malaysia dan Karimun, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis, H Heri Indra Putra, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan sejumlah Kepala Bagian di Setda Bengkalis. (*)

 
Berita Terbaru >>
3 Calon Pj Wako Pekanbaru Segera Diusulkan
Pembobol Toko HP di Pekanbaru Ditembak Polisi!
Pj Gubri Resmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani
TK An Namiroh 2 Pekanbaru Berbagi Nasi Kotak di Simpang Srikandi Ujung
Maksimalkan Pelayanan, Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua Pos Damkar Baru
Agar Mudik Aman dan Nyaman, Hindari Tanggal Ini!
ICCR Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Sidomulyo Barat Tuah Madani
Bahas Pelaksanaan HUT, Ini Tiga Agenda Besar PJS
Nikel di Sultra Milik Semua Rakyat Sultra, Pemerintah Harus Lebih Adil
Truk Terobos Palang Pintu, Masinis KA Putri Deli Terluka
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com