Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Cari Titik Terparah Gempa, BNPB Pakai Citra Satelit LAPAN
Minggu, 30/09/2018 - 08:45:10 WIB
 
 

JAKARTA- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menggunakan citra satelit beresolusi tinggi untuk mencari titik-titik terparah terdampak gempa dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu pada Jumat (28/9) petang. Hal ini dilakukan atas permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Nantinya, hasil pemetaan untuk wilayah Donggala dan Palu akan dipakai untuk membantu proses evakuasi dan penyaluran bantuan. Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat korban gempa dan tsunami yang belum menerima bantuan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengakui tim SAR di kesulitan menjangkau korban karena akses jalan rusak akibat gempa dan tsunami. Kondisi ini ditambah ketiadaan listrik dan layanan telekomunikasi.

Harapannya, pihak internasional bisa mengirimkan citra satelit resolusi tinggi untuk bahan analisis supaya kita tahu di mana saja yang terdampak. Kami butuh citra satelit sedetail mungkin, hitungan centimeter sehingga objek-objek di darat dapat difoto jelas," ucap Sutopo seperti dilaporkan Antara.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan pihaknya akan terus memperbarui informasi titik-titik terdampak bencana sesuai dengan perolehan citra satelit.

Untuk memperoleh informasi citra satelit terkait daerah terdampak gempa dan tsunami, masyarakat juga bisa menelusurinya melalui tautan https://pusfatja.lapan.go.id/index.php/tanggapbencana.

Menurut catatan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), gempa dengan magnitudo 6 skala Richter mengguncang Donggala pada pukul 14.00 WIB. Gempa susulan yang lebih besar berkekekuatan 7.4 SR kembali mengguncang Donggala yang memicu tsunami di Palu.

BNPB mencatat hingga Sabtu (29/9) sudah ada 384 orang meninggal dunia di Palu. Sementara di Donggala, BNPB belum bisa memberi data termutakhir karena keterbatasan akses. (*)

CNN Indonesia

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com