Selasa, 26 Maret 2019
Follow:
Home
Kebiasaan Ngupil Tingkatkan Risiko Pneumonia
Senin, 15/10/2018 - 16:05:07 WIB
 
 

KLIKRIAU.COM- Tampaknya Anda perlu berpikir dua kali untuk melanjutkan kebiasaan mengorek hidung alias ngupil berlebihan. Mencungkil atau mengorek hidung dapat mengakibatkan penyakit radang paru-paru atau pneumonia.

Pneumonia disebabkan oleh bakteri bernama pneumokokus yang menyebar melalui udara atau batuk dan bersin dari orang yang terinfeksi.

Untuk pertama kalinya, penelitian terbaru di Inggris menemukan bahwa pneumokokus juga dapat ditularkan melalui hidung dan tangan.

Studi yang dipublikasikan di European Respiratory Journal ini, melakukan pengujian pada sekelompok orang dewasa yang memiliki bakteri pneumokokus di tangan mereka.

Peneliti lalu mengamati perilaku orang-orang itu terhadap tangan dan hidung mereka, termasuk kebiasaan mengorek hidung. Hasilnya, mengorek hidung dapat menjadi salah satu cara penyebaran bakteri yang menyebabkan pneumonia.

"Penelitian ini membuktikan bahwa tangan dapat menyebarkan bakteri," kata peneliti klinis dari Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, Victoria Connor.

Connor menyebut, walaupun penelitian ini dilakukan pada orang dewasa, perhatian utama justru harus diberikan kepada orang tua yang memiliki anak-anak.

Pasalnya, radang paru-paru merupakan salah satu penyakit pernapasan yang bisa mengakibatkan kematian jika tak ditangani segera, terutama pada anak-anak. Secara global, pneumonia membunuh sekitar 1,3 juta balita setiap tahunnya.

"Mungkin tidak realistis untuk membuat anak-anak berhenti mengorek dan menggosok hidung mereka. Tetapi bagi orang tua, memastikan kebersihan tangan yang baik dan kebersihan mainan dapat mengurangi risiko terinfeksi pneumokokus," tutur Connor. (*)

CNN Indonesia

 
Berita Terbaru >>
Makin Berat, Fredrich Yunadi Divonis MA 7,5 Tahun Penjara
KI dan Fitra Riau Gelar Bimtek Pengelolaan Informasi Berbasis Teknologi
PWI Riau Gelar Pelatihan Jurnalistik Wartawan Migas
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com