Senin, 24 Juni 2019
Follow:
Home
CPI Luncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja
Rabu, 12/12/2018 - 11:26:09 WIB
 
 

PEKANBARU - PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) terus berupaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Upaya tersebut dicapai melalui program-program pengembangan keterampilan guna mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan.

SKK Migas - PT. CPI meluncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja (Workforce Development Program) pada sebuah acara yang berlangsung di Gedung Serbaguna Politeknik Caltex Riau, Rumbai, pada Rabu, 12 Desember. Program ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam pengembangan kapasitas tenaga kerja dan wirausahawan melalui pelatihan dan sertifikasi.

”Melalui program pelatihan dan sertifikasi ini, para peserta diharapkan memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha,” ujar Sukamto Tamrin selaku GM PGPA Assets PT. CPI dalam sambutannya.

Program ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Program Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum, dan yang kedua Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha untuk bidang desain tata busana, pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan.

PT. CPI menggandeng mitra pelaksana untuk masing-masing program, yakni Politeknik Caltex Riau dan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. Dalam pelaksanaannya, kedua mitra pelaksana tersebut berkerja sama dengan instansi pemerintah terkait, di antaranya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau.

Jumlah penerima manfaat atau peserta program sebanyak 441 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah operasi PT. CPI di tujuh Kabupaten/Kota di Riau, yakni Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai. Program ini akan berlangsung hingga Agustus 2019.

”Program kemitraan semacam ini berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas SDM lokal sehingga memberikan manfaat secara jangka panjang bagi masyarakat Riau. Melalui program ini, kami ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan masyarakat,’’ lanjut Sukamto.

Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja ini merupakan bagian dari program investasi sosial PT. CPI di bidang pemberdayaan ekonomi. Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi fokus program investasi sosial PT. CPI adalah Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.

Kami bangga atas kemitraan yang kokoh dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Kehadiran operasi kami turut berkontribusi terhadap peningkatan peluang dan kualitas lapangan kerja serta manfaat bagi masyarakat setempat melalui program investasi sosial,’’ ucap Sukamto. (rls)

 
Berita Terbaru >>
Aturan Penetapan Jalur Zonasi PPDB 2019 Direvisi Menteri Pendidikan
Ternyata Rokok Elektrik Bisa Rusak Sel Pelapis Pembuluh Darah
Indonesia Ikut Suarakan Penanggulangan Sampah Plastik
Jengkol Paling Enak Ada di Sumatera Barat
PPDB SMA Sederajat di Riau akan Dimulai Awal Bulan Juli
Pemerintah Putuskan Harga Tiket Pesawat Rute Domestik Turun
Hilang di Sungai Lakar Siak, Mayat Wartoyo Ditemukan Dalam Perut Buaya
Sejoli Pemilik Satu Kilo Sabu dan Ribuan Ekstasi Ditangkap BNN di Rumbai Pekanbaru
Diusir Dari Kebun Warga di Inhu, Empat Gajah Liar Mulai Dekati Tesso Nilo
Pria Paro Baya Hilang di Sungai Lakar Siak yang Dihuni Buaya
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com