Jum'at, 22 Februari 2019
Follow:
Home
Buah Rambutan Bermanfaat untuk Kesehatan
Kamis, 13/12/2018 - 15:20:04 WIB
 
 

RAMBUTAN merupakan salah satu buah tropis, memiliki kulit tebal dan rambut kasar, memiliki daging buah dengan rasa manis, penuh air, dan menyegarkan di dalamnya.

Buah rambutan memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 100 gram rambutan, terdapat 84 kalori, 40 persen vitamin C, dan sekitar 28 persen zat besi.Selain itu juga banyak nutrisi lain yang bisa diambil manfaatnya dari rambutan. Apa saja itu?

1. Antidiabetes
Sebuah studi di China menyebutkan bahwa kulit rambutan mengandung komponen antidiabetes. Dalam studi tersebut, beberapa ekor tikus diabetes diinduksi dengan ekstrak fenolik dari kulit rambutan. Hasilnya menunjukkan adanya penurunan kadar glukosa darah.

2. Atasi 'morning sickness' ibu hamil
Selama masa kehamilan, ibu kerap mengalami pusing dan mual. Rambutan bisa jadi salah satu solusi untuk meredakan morning sickness ini karena rasanya yang manis. Selain itu, kandungan zat besi pada rambutan bisa membantu ibu hamil melawan rasa letih dan pusing serta meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

3. Cegah kanker
Buah rambutan tinggi kandungan antioksidan. Antioksidan sendiri diketahui mampu memerangi inflamasi dan melindungi sel tubuh. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh pun mampu dinetralisir oleh vitamin C dari rambutan. Berdasarkan studi, kulit rambutan dapat mengganggu pertumbuhan sel kanker. Bahkan, ia juga bisa digunakan sebagai obat kanker hati.

4. Rawat kesehatan kulit
Konsumsi rambutan secara rutin mampu meningkatkan kesehatan kulit. Rambutan dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungan mangan serta vitamin C di dalamnya mampu membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, biji rambutan pun diketahui mempunyai manfaat, apalagi jika dijadikan sebagai masker. Kulit pun akan lebih cerah dan lembut.

5. Kuatkan tulang
Tulang kuat tak hanya didapat dari konsumsi produk susu. Rambutan pun bisa menguatkan tulang karena kandungan fosfornya. Fosfor membantu pembentukan dan menguatkan tulang.

6. Tingkatkan kesuburan
Vitamin C penting untuk pembentukan sperma pada pria. Dengan alasan itu, tak heran jika rambutan dipercaya untuk membantu meningkatkan kesuburan.**/sumber: CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Karhutla Makin Meluas, Pemrov Riau Minta Bantuan Pusat
Mursini Gantikan Aziz Zaenal Jadi Ketua DPW PPP Riau
Bersama IBI, Disdalduk KB Pekanbaru Wujudkan Program KKBP
Edarkan Narkoba di Tapung, Suami Istri Ditangkap Polisi
15 Ton Ganja Siap Panen di Aceh Besar Dimusnahkan BNN
Dirpamobvit Polda Banten Ikuti Pelatihan Auditor Obvitnas di Jakarta
Syamsuar, Bupati Berprestasi Dilantik Jokowi jadi Gubenur Riau
Hoaks Pilpres Dibuat untuk Pengaruhi Sikap Politik Masyarakat
Ria Ricis Youtuber Wanita Pertama Asia Tenggara Raih 10 Juta Subscribers
Sekitar 200 Keluarga Terjebak di Kawasan ISIS di Suriah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com