Kamis, 21 Maret 2019
Follow:
Home
Selain Bumbu Dapur, Bawang Putih Bagus untuk Kesehatan
Sabtu, 29/12/2018 - 16:14:59 WIB
 
 

PEKANBARU - Salah satu bumbu dapur yang terkenal adalah bawang putih. Bawang putih jadi penyedap dan pelengkap rasa dalam banyak makanan. Selain untuk masakan, bawang putih ternyata juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih sebenarnya sudah digunakan sejak zaman sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina. Alih-alih sebagai bumbu makanan, kegunaan utama bawang putih adalah sebagai obat.

Khasiat bawang putih ini datang dari senyawa sulfur yang muncul saat bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Senyawa ini masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dan memberikan efek biologis yang kuat.

Berdasarkan data dari Health Line, setiap satu ons bawang putih mengandung mangan sebesar 23 persen dari angka kecukupan gizi (AKG), vitamin B6 17 persen dari AKG, vitamin C 15 persen dari AKG, selenium 6 persen dari AKG, dan serat 0,6 gram. Selain itu, bawang putih juga mengandung kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Nutrisi yang tinggi dari bawang putih ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat kesehatan dari bawang putih.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bawang putih dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga dapat memerangi berbagai jenis  penyakit.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi suplemen bawang putih dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Studi lain juga menemukan bawang putih dapat mengurangi jumlah hari sakit pilek atau flu sebesar 61 persen.

2. Mengurangi tekanan darah
Studi menunjukkan konsumsi bawang putih juga memiliki efek signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi. Ekstrak bawang putih juga memiliki efektivitas yang sama dengan obat atenolol untuk mengurangi tekanan darah selam 24 minggu.

Jumlah yang dibutuhkan untuk mengurangi tekanan darah ini setara dengan empat siung bawang putih setiap hari.

3. Mengurangi kolesterol
Bawang putih juga ampuh menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-15 persen. Penelitian menemukan bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat atau LDL tapi tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL.

Hal ini membuat bawang putih dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

4. Mencegah Alzheimer
Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas penyebab penuaan. Bawang putih terbukti dapat mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer dan demensia.

5. Mendetoks tubuh
Senyawa sulfur dalam bawang putih terbukti melindungi organ tubuh dari kerusakan dan keracunan logam berat.  Studi mendapati bawang putih bisa mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19 persen. Hal ini dapat mengurangi sakit kepala dan tekanan darah tinggi.***

 
Berita Terbaru >>
Ada KPK Gadungan Coba Peras Keluarga Penyuap Romi
Upaya Padamkan Api, Water Bombing Sisiri Kawasan Karhutla di Riau
Kasus Duel Siswa dan Kepsek SMAN 2 Rakit Kulim Inhu Berakhir Damai
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Bantu Dana Pendidikan Daerah Tertinggal, Komunitas Anak Ceria Galang Dana di CFD
FPI Bantu Masyarakat Koto Aman yang Menunggu Nasib di Bawah Fly Over
Tertarik Cangkang Sawit, Pengusaha Jepang Temui Gubri
Pancing Hujan, 19 Ton Garam Disemai di Langit Riau
Ustadz yang Fitnah Pemerintah Legalkan Zina Dipulangkan
Bujuk Seorang Ayah Gendong Anak Hendak Bunuh Diri, Wabup Purwakarta Panjat Tower
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com